Skip to main content

follow us

Manfaat Wudhu Untuk Kesehatan


Manfaat Wudhu Untuk Kesehatan. Kulit merupakan organ terbesar tubuh kita yang berfungsi utamanya membungkus tubuh serta melindungi tubuh dari berbagai ancaman kuman, racun, radiasi juga mengatur suhu tubuh, fungsi ekskresi (hubungan zat-zat yang tak berguna melalui pori-pori), dan media komunikasi antar sel syaraf untuk rangsang nyeri, panas, dan sentuhan secara tekanan. Begitu besar fungsi kulit, maka ketsbilannya ditentukan oleh pH (derajat keasaman) dan kelembaban.

Bersuci merupakan salah satu metode menjaga kestabilan tersebut khususnya kelembaban kulit. Kalau kulit sering kering akan sangat berbahaya bagi kesehatan kulit terutama mudah terinfeksi kuman. Dengan bersuci berarti terjadinya proses peremajaan dan pencucian kulit, selaput lendir, dan juga lubang-lubang tubuh yang berhubungan dengan dunia luar (pori kulit, rongga mulut, hidung, telinga).

Begitu juga dengan rongga hidung terdapat kuman Streptococcus pneumonia (penyakit pneumoni paru), Neisseria sp, Hemophilus sp. Seorang ahli bedah diwajibkan membasuh kedua belah tangan setiap kali melakukan operasi sebagai proses sterilisasi dari kuman. Cara ini baru dikenal abad ke-20, padahal umat Islam sudah membudayakan sejak abad ke-14 yang lalu. Luar Biasa!!

Selain hal tersebut diatas, ternyata di balik ibadah wudhu ini terdapat banyak kandungan hikmah. Di antaranya dari tinjauan medis, manfaat melakukan kesunnahan dan kewajiban pada wudhu.

1. Istinsyak


Istinsyak (menghirup air ke dalam hidung) sebanyak 3 kali kemudian menyemburkannya setiap kali wudhu dapat menghentikan perkembangbiakan berbagai mikroba pada hidung. Berkembangnya mikroba berbahaya di dalam rongga hidung dapat menjadi proses yang mengakibatkan keracunan yang kemudian menjalar ke dalam tenggoorokan lalu terjadi peradangan dan berbagai macam penyakit.

2. Madhmadhah


Madhmadhah (berkumur-kumur) waktu berwudhu dapat menjaga kebersihan mulut dan kerongkongan dari peradangan dan pembusukan pada gusi, menjaga gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi, serta menghilangkan kuman. Berkumur-kumur juga akan menyegarkan berbagai organ yang ada di wajah dan menjadikan cerah.

3. Membasuh Wajah


Debu-debu, berbagai bakteri, lemak, dan minyak yang terdapat pada wajah sebab aktivitas seharian kita bisa bersih dengan berwudhu ketika membasuh wajah, pun pula dari keringat dan kotoran lainnya yang keluar melalui pori-pori kulit, cara yang paling efektif untuk relaksasi (menjadikan badan rileks) dan menghilangkan tensi tinggi (emosi).

4. Membasuh kedua tangan sampai siku


Sudah terbukti secara ilmiah kulit manusia mudah terserang penyakit apabila kadar kebersihan kulitnya rendah. Sebab ketika lama beraktivitas tanpa membasuh anggota badannya, maka permukaan kulit akan terserang penyakit peradangan, seperti kudis. Kudis ini menyerang ujung jari-jari yang sebagian besar tidak dalam keadaan bersih, sehingga masuklah berbagai mikroba ke dalam kulit.

5. Membasuh kedua kaki


Para Dokter mengatakan bahwa mencuci kaki dengan cara diusap dengan baik akan melidungi kulit dari infeksi dari kotoran kaki dan berbagai penyakit kulit yang terdapat di tempat itu. Kedua kaki dan keduabetis adalah organ-organ yang paling lemah dibandingkan organ tubuh lainnya karena jauhnya dari pusat peredaran darah, jantung.

Semoga Manfaat Wudhu Untuk Kesehatan ini bermanfaat.

Masykuri Abdurrahman - Shalat Versi Kitab Salaf
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar