Skip to main content

follow us

Cara Mudah Mencegah dan Mengobati Jerawat


Cara Mudah Mencegah dan Mengobati Jerawat. Sebagaimana diketahui bahwa jerawat akan muncul setelah usia baligh, ia merupakan kondisi atau fenomena yang menyertai proses pematangan, dan merupakan salah satu cirri-ciri kedewasaan serta mulai aktifnya hormon dalam tubuh. Hal itu akan dialami sekitar Sembilan puluh persen remaja, terutama pada mereka yang mempunyai kulit berminyak. Ia muncul di wajah, kening, pipi dan dagu, bahkan bisa sampai ke dada, punggung dan pundak.

Jerawat-jerawat ini muncul pada usia tersebut, sebagai sebuah fenomena psikologis yang dihasilkan dari keluarnya hormon-hormon kelenjar dan berubahnya pembentukan hormon pada seseorang, karena pada masa remaja keseimbangan hormon menjadi sangat sentitif  dan bersamaan dengan bertambah sedikitnya jumlah hormon laki-laki (progester-one) atau hormon wanita (estrogen). Bersamaan dengan bertambah sedikitnya jumlah hormon-hormon ini, maka kelenjar-kelenjar minyak akan berpengaruh pada kulit dan bertambah aktif serta semakin bertambah produksi minyaknya.

Pada dasarnya kelenjar itu bekerja pada bagian kulit yang berbeda-beda dengan ketebalan yang berbeda-beda antara satu bagian dengan yang lainnya. Fungsinya adalah menutup lapisankulit dan rambut dengan lapisan tipis dari minyak yang dihasilkan, semua itu untuk menjaga kesegaran kulit dan kemilau rambut serta menguatkannya.

Jumlah kelenjar-kelenjar ini berkisar antara seratus sampai Sembilan ratus kelenjar dalam sentimeterpersegi kulit, dan jumlahnya berbeda-beda Dario satu bagian dengan yang lainnya, ia banyak dijumpai di wajah dan kedua pipi, kulit dada dan punggung , sedangkan pada bagian mata sangatlah sedikit, dan tidak ada sama sekali pada kulit telapk tangan dan kedua kaki.

Produksi minyak yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar tersebut, adalah campuran dari fatty acid (asam lemak) dan unction waxy (Minyak lilin). Campuran ini berbeda-beda berdasarkan usia, nulai dari usia nol sampai dengan usia matang secara seksual sampai sesudahnya. Kuantitasnya juga ber beda-beda , sesuai dengan berbedaan jumlah kelenjar-kelenjar minyak yang diproduksi, maka ia akan banyak terlihat di wajah, kulit dada, punggung dan kepala. Sebagaimana telah kami sebutkan, bertambahnya hormon laki-laki dan wanita ketika masa dewasa berfungsi untuk menambah produksi minyak dari kelenjar-kelenjar minyak.

Tambahan ini berfungsi untuk menetup lubang kelenjar minyak dengan perantaraan jerawat kepala hitamyang terdiri dari sel-sel kulit kering degan beberapa bahan-bahan minyak kering, maka produksi kelenjar minyak menjadi kotor sebagai akibat dari penutupan ini, lalu terbentuklah bintik-bintik dan mulailah jerawat muncul. Ada juga beberapa jenis bakteri yang mulai bekerja pada akar rambut dan kelenjar minyak yang membentuk jerawat-jerawat kecil merah dan bintik-bintik bernanah. Pada kondisi yang sangat parah, akan menimbilkan keadaan yang bertambah berat, bintik-bintik dan jerawat-jerawat kecil itu biasa perubahan menjadi bisul-bisul dan puru jerawat.

Jenis-Jenis Jerawat


Sebelumnya, jenis-jenis jerawat tergantung pada jenis dan kadar penderitannya.

  1. Jenis titik atau flecks; pada awal terjadinya, banyak jerawat berkepala hitam dan adanya sumbatan-sumbatan minyak. Jerawat kepala hitam itu dapat dikeluarkan dengan membersihkan kulit dengan uap air atau air hangat kemudian dengan memencet kulit dengan jari-jari.
  2. Jenis jerawat kecil; Jerawat kecil-kecil yang matang banyak terdapat di daerah kening.
  3. Bintik-bintik; Bintik-bintik kecil dan besar yang disebabkan oleh bakteri dan ada nanah di dalamnya.
  4. Jenis Tuber (akar umbi); Terdiri dari sejenis jerawat kecil yang menahun serta beradang.
  5. Kelenjar-kelenjar minyak membesar dan dipenuhi dengan zat bentukannya serta membesar seperti bentuk kantung.
  6. Berbentuk bekas luka berlubang dan menonjol di atas permukaan kulit.

Penyebab-Penyebab Jerawat


Ada banyak penyebab imbulnya jerawat, bermacam-macam dan saling melengkapi, dianataranya adalah :

  1. Hormon-hormon, seperti yang telah kami sebutkan.
  2. Kekurangan Vitamin A, terutama pada orang yang mempunyai kulit keringn.

Tumbuhnya jerawat juga dipengaruhi beberapa faktor, di antaranya:

  1. Keturunan; Sebagaimana diketahui bahwa ada beberapa keluarga yang anggotanya jerawat.
  2. Makanan; Sebagaian besar dari makanan berminyak dan mengandung zat tepung, sebagian makanan seperti jamur,kacangan-kacangan, menambah kemungkinan terkena jerawat. Pada usia pubertas, anemia, tidak melakukan aktivitas olahraga, tidak lalai dalam menjaga kebersihan diri, tidak memperhatikan kebersihan kulit dan kondisi fisik serta syaraf yang tegang, akan mempercepat tumbuhnya jerawat.

Obat-obatan dan Jerawat


Sebagian obat-obatan yang mengandung hormon. Dan sebagian obat-oabatan penenang syaraf, merangsang kelenjar-kelenjarminyak, begitu juga obat-obatan yang menngandung yodium (iodien), seringkali pula jerawat tumbuhsetelah perkawinan. Ketika para wanita sangat memperhatikan pemakaian pelembab dan make-up, menghindari pemakaian sabun dan air serta mebersihkan wajah yang menjadi sebab tertutupnya kelenjar-kelenjarminya, maka tumbuhlah jerawat.

Infeksi; Adanya infeksi-infeksi nsns di tubuh, seperti infrksi pada pelvis ginjal, beberapa penyakit ginjal dan gigi, sinusitis dan kanker pada leher rahim, membantu pertumbuhan jerawat.

Mengobati Jerawat


  1. Untuk mencegah dan mengobatinya, maka diharuskan membasuh wajah dengan air hangat dan sabun beberapa kali setiap hari dan membasuh seluruh tubuh satu kali sehari serta memperhatikan kebersihansecara umum.
  2. Mengobati berbagai macam penyakit yang ada hubungannya dengan jerawat, seperti anemia, infeksi-infeksi, adanya pusatnanah, sembelit, sukar mencerna dan gangguan pada kelenjar-kelenjardan hormon.
  3. Memperhatikan kualitas makanan dan obat yang dimakan.
  4. Komposisi tetracilin  dalam jumlah kecil untuk waktu yang lama (sebanyak satu kapsul sehari selama tiga bulan), dapat membantu pengobatan jerawat, terlebih lagiketika mikroba sampai ke akar-akar rambut dan kelenjar-kelenjar minyak.
  5. Terdapat beberapa cairan pembersih dan obat salep yang dibuat untuk mengobati jerawat, seperti komposisi belerang dan sulfur atau yang mengandung acid sichlik, tetapi dianjurkan untuk tidak menggunakan komposisi apapun juga, kecuali di bawah pengawasan doctor.
  6. Menggunakan sinar ultra violet untuk mengobati dalam beberapa kondisi.
  7. Vitamin A dan B complex bergunan untuk mengobati jerawat.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan


  1. Sebagian orang menggunakan beberapa komposisi yang  mengandung hormon kewanitaan untuk mengobati jerawat pada para remaja putrid, tetapi menggunakan hormon-hormon kewanitaan untuk mengobati laki-laki dapat menimbulkan bahaya yang besar bagi laki-laki, karena ia dapat memunculkan sifat-sifat kewanitaan pada laki-laki.
  2. Membasuh wajah dengan air dan sabun tidak cukup untuk mengobati jerawat, karena itu hanya menghilangkan miny, karena ia dapat memunculkan sifat-sifat kewanitaan pada laki-laki.
  3. Membasuh wajah dengan air dan sabun tidak cukup untuk mengobati jerawat, karena itu hanya menghilangkan minyak-minyak yang ada di permukaan kulit saja, tanpa memberikan pengaruh pada minyak-minyak yang ada di dalam akar-akar rambut dan kelenjar-kelenjar otot. Di nsini kami menganjurkan harus ada keseimbangan antara membasuh wajah dengan air tdan sabun dengan berhati-hati dalam menggunakan berbagai jenis sabun yang mengandung bahan-bahan yang berlawanandengan bakteri, karena bahan-bahan ini dapat membantu bertambahnya jerawat dan pembentukan komedo.
  4. Sebagian orang meyakini, bahwa bintik-bitnik jerawat dan jerawat-jerawat batu, dapat dihilangkan dengan cara menekannya dengan jari-jari. Ini dikhawatirkan dapat menimbulkan kerusakan yang fatal bagi kulit, karena pengaruh jari-jari dan kuku.

Referensi :
Rahasia Wanita Dari A Sampai Z | Pustaka Al-Kautsar
Lil Mutazawijaat Haditsan | Dar Al-Ghad Al-Jadid
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar