Skip to main content

follow us

Cara Merawat Kulit Wajah Pria dan Wanita


Cara Merawat Kulit Wajah Pria dan Wanita. Perawatan wajah sebenaranya tidak hanya untuk kaum wanita saja. Untuk kebersihan dan kesehatan, kaum pria juga harus melakukannya agar awet muda. Toh, untuk melakukan perawatan ini tidak mesti harus ke salon. Sendirian atau dibantu pasangan juga bisa dilakukan, malah jadi tambah mesra. Hihi jangan ngelamun lo ya…!!! Dengan wajah yang terawat, penampilan jadi jauh lebih menarik. Pasangan kita pun bisa tambah cinta.

Kulit pria umumnya lebih tebal dan relative lebih berminyak dibandingkan dengan kulit wanita. Kalau kulit tidak bermasalah tidak perlu membersihkan kulit wajah dengan susu pembersih, cukup gunakan sabun pembersih maksimal 3 kali sehari. Pemakaian sabun pembersih secara berlebihan justru akan meningkatkan produksi kelenjar lemak. Untuk kulit berminyak gunakan sabun wajah yanag mengandung scrub maksimal 2 kali seminggu, tapi tidak dianjurkan untuk kulit yang berjerawat atau luka.

Gunakan pelindung matahari bagi pria yang bekerja dilapangan, bisa dengan memakai gel minimal SPF 15 agar tidak kelihatan berminyak. Atau bisa juga menggunakan topi atau masker yang sesuai dengan jenis kulit. (biarkan istri anda yang melakukan ini, agar benih-benih cinta dan kemesraan semakin menjadi-jadi. Tapi hati-hati, jangan sampai keterusan ke “langkah selanjutnya” hihihi…)

Beda halnya dengan kaum wanita, umumnya perawatan wajah untuk wanita lebih ektra dibandingkan dengan pria. Ada lima langkah yang harus dilakukan seorang wanita untuk mempercantik kulit wajahnya, simak berikut ini:

  1. Pembersihan, dengan susu pembersih kemudian langsung dibersihkan dengan air dan sabun khusus pH seimbang kulit 5,5
  2. Penyegaran, astringent untuk kulit berminyak atau toner untuk kulit kering, atau dengan air es.
  3. Pemupukan, dengan menggunakan pelembab, terutama setelah berusia 30 tahun keatas. Bisa yang mengandung vitamin C atau E.
  4. Pelindung dengan krim atau lotion atau zat yang mengandung pelindung dari sinar UV agar sinar matahari tidak menembus kulit. Karena Indonesia termasuk daerah tropis, dianjurkan memakai tabir surya minimal SPF 15 antara jam 09-16 dipakai ½ jam sebelum terpajang sinar matahari. Untuk yang sedang berjerawat sebaiknya tidak memakai tabir surya dulu sebelum jerawatnya sembuh, atau kalau terpaksa bisa memakai tabir surya yang gel.
  5. Penipis atau pengelupas kulit ari yang mati, bisa dengan memakai fasial scrub maksimal 2 kali seminggu. Atau masker, bisa dari bahan alami atau masker jadi. Pemakaian masker 2 kali seminggu untuk kulit berminyak, 10 hari sekali untuk kulit kering.
  6. Untuk yang sudah bersuami, berpenampilan menariklah anda dirumah, misal makai celak atau eye shadow, lipstick atau lainya. Bukan malah sebaliknya, hanya menarik diluar rumah, tapi dirumah… seadanya saja… atau lebih parah tidak sama sekali.

Referensi :
Syaikh Adil Fahmi, Asrar an Nisa' Min al-Alif Ila Al-Ha' | Dar Al-Ghad Al-Jadid, Manshurah, Mesir 2005
Mausuah At-Tib an-Nisai | Dar Ar-Rasyid
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar