Skip to main content

follow us

Cara Menghilangkan Bintik-Bintik Pada Wajah


Cara Menghilangkan Bintik-Bintik Pada Wajah. Bintik-bintik yang muncul pada wajah kaum wanita, seringkali menyebabkan mereka gelisah dan berpengaruh pada kecantikan serta bentuk wajah mereka secara keseluruhan. Sebagian besar bintik-bintik ini muncul pada saat musim panas, dimana temperatur udara bertambah panas dan matahari terbit lebih lama dibandingkan pada musim panas.

Warna bintik-bintik ini berbeda-beda sesuai perbedaan warna kulit. Bagi mereka yang berkulit putih maka bintik-bintik ini akan berwarna cokelat pucat, sedangkan mereka yang berkulit cokelat warnanya adalah cokelat gelap kehitaman, bagi mereka yang berkulit cokelat bercahaya (seperti warna gandum) maka warnanya adalah cokelat biasa.

Pada umumnya bintik-bintik ini akan tampak dikedua pipi, hidung dan kening. Kadang-kadang di bibir atas dan kelopak mata tetapi tidak disertai dengan gejala apapun juga, misalkan gatal atau kemerah-merahan atau yang lainnya. Semakin sering terkena sinar matahari maka warnanya akan bertambah terang.

Dikatakan bahwa sebab munculnya bintik-bintik tersebut karena aktifitas berlebihan dari sebagian sel-sel kulit berwarna yang memproduksi sebagian besar zat melanin, yaitu zat yang memberi warna hitam pada kulit dan rambut. Ada juga beberapa faktoryang mendorong semakin aktifnya sel-sel berwarna pada kulit, dan sel-sel tersebut itu terdiri dari unsur yang banyak, tapi yang paling penting adalah :

  1. Alat-alat kosmetik, sebagian besar mengandung zat-zat yang menyebabkan infeksi pada kulit ketika langsung berhadapan dengan sinar matahari dan disertai dengan gatal-gatal dan perih. Kemudian setelah gejalanya menghilang, ia akan meninggalkan bintik-bintik dan menjadi sensitif terhadap sinar matahari secara langsung karena adanya bahan kimia tersebut. Selengkapnya bisa anda baca bahaya kosmetik untuk kecantikan
  2. Kehamilan, bintik-bintik muncul pada sebagian wanita hamil, terutama pada 5 bulan terakhir. Kadang juga muncul pada wanita yang mengkonsumsiobat pencegah kehamilan dan akan terus berlangsung walaupun setelah berhenti meminumnya.
  3. Obat-obatan, Sebagian obat-obatan dapat mengakibatkan bintik-bintik bertambah pada tubuh. Seperti obat anti malaria dan sebagian salep serta obat pelancar buang air kecil.
  4. Kondisi kesehatan dan kejiwaan, ketika terlalu sering bekerja keras dan kurang tidur serta begadang, akan muncul bintik-bintik pada kelopak mata. Ketika kekurangan Vitamin B complex, akan muncul gejala-gejala penyakit beri-beri dan disertai dengan infeksi pada kulit serta berubahnya warna pada bagian kulit yang terkena sinar matahari.

Cara Pencegahan dan Pengobatan


  1. Para wanita yang mengalami bintik-bintik, harus mengurangi terkena langsung dengan sinar matahari untuk waktu yang lama
  2. Tidur dan istirahat yang cukup serta menghindari begadang untuk waktu yang lama
  3. Berhenti menggunakan alat-alat kosmetik yang dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif dengan sinar matahari
  4. Waspada dalam mengkonsumsi obat pelancar buang air kecil dan sejenisnya yang dapat menimbulkan bintik-bintik
  5. Bagi wanita yang mengkonsumsi obat pencegah kehamilan yang telah menyebabkan bintik-bintik, maka harus mencari cara lain selain obat-obat tersebut.
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar