Skip to main content

follow us

5 Manfaat Lintah Untuk Kesehatan


5 Manfaat Lintah Untuk Kesehatan. Lintah merupakan binatang pengisap darah yang sangat berbahaya. Ciri-cirinya, tubuhnya bulat memanjang mirip cacing dengan bagian depan agak memipih dan mengecil, serta beruas-ruas. Badannya terdiri atas 34 ruas. Mulut lintah terletak di bidang bawah kepala sampai ke ujung depan. Di mulut ini terdapat bibir tebal, deretan gigi-gigi kecil, runcing dan dan tajam. Matanya berjumlah 1-5 pasang, bergantung pada jenisnya; letaknya berpasang-pasangan di bidang atas kepala, mulai ruas kedua sampai ruas ke enam.

Tubuhnya dapat dijulur-kerutkan menjadi sangat kecil memanjang atau besar memendek, sehingga dapat melalui lubang ataupun celah yang kecil. Di daratan, lintah dapat berjalan seperti ulat ukur atau jengkal tangan, sedangkan di dalam air, binatang ini dapat bergerak seperti belut dan lalat pelekat belakangnya berfungsi sebagai sirip ekor.

Lintah merupakan binatang parasit pengisap darah maupun cairan jaringan manusia atau binatang. Selama megisap darah, lintah tidak akan melepaskan diri sampai sudah merasa kenyangn. Ketika kenyang, lintah menggelembung berbentuk seperti botol. Setelah kenyang, binatang itu dapat bertahan hidup tanpa makan selama beberapa minggu atau bulan. Lintah yang hidup di air, dan disebut lintah air, sering naik ke darat untuk meletakkan telur, banyak ditemukan di sawah, danau, laut, rawa dan anak sungai. Sedangkan kelompok yang sebagian besar hidupnya di darat, yang disebut lintah darat sering dijumpai di tempat becek, dan ternaung, seperti di hutan dan semak belukar. Lintah darat dapat hidup kering selama musim kemarau. Setelah turun hujan atau persediaan air cukup, lintah keluar dari tempat persembunyiannya.

Keismewaan dan Khasiat Lintah


  1. Bisa dibuat bekam untuk mengeluarkan darah rusak terutama bagi anak kecil dan wanita.
  2. Rumah/tempat yang dibakari lintah tidak akan ditempati oleh kutu busuk.
  3. Bisa digunakan ramuan untuk tidak menumbuhkan rambut kepala. Caranya lintah diletakkan dalam botol sampai mati, kemudian ditumbuk dan dioleskan ke bagian kepala yang sudah dicabut rambutnya.
  4. Lintah sungai yang besar bisa menyembuhkan ambient. Caranya digoreng dengan minyak wangi lalu ditumbuk dan dicampur dengan cuka sampai seperti salep lalu dioleskan dengan kapas.
  5. Cara melepaskan lintah yang sedang melekat/ mengisap darah di antaranya, dipercik dengan air garam.

Tafsir Mimpi Lintah


  1. Dalam mimpi berarti seorang anak.
  2. Bermimpi melihat lintah pertanda musuh dan orang yang suka dengki.

Referensi : Ensiklopedi Nasional Edisi Fauna | al-Raudlah II/539 | Raudlah al-Thalibin, II/542
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar