11 Cara Mudah Menjaga Kecantikan Anda

11 Cara Mudah Menjaga Kecantikan Anda

11 Cara Mudah Menjaga Kecantikan Anda


11 Cara Mudah Menjaga Kecantikan Anda. Ada beberapa hal sederhana yang sesuai dengan kebiasaan, karakter, perilaku dan tingkah laku manusia dan tjika diperhatikan, hal-hal ini dapat mendatangkan kesenangan, kesehatan dan kesejahteraan manusia.

Pada kenyataannya, itu adalah contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari berupa kehidupan yang sehat yang mudah untuk dilaksanakan, yang dapat mencegah diri berbagai macam penyakit, sekaligus dapat menikmati kesehatan dan kesejahteraan yang baik. Dan semua itu dapat dikendalikan oleh manusia.

1. Mengurangi Makanan-makanan Berminyak dan yang Mengandung Kolestrol.


Telah ditemukan adanya beberapa faktor yang menyebabkan manusia dapat mengidap penyakit jantung dan pembuluh darah, di antaranya adalah; faktor Genetika (keturunan), merokok, tekanan darah tinggi, penyakit diabetes dan obesitas. Makanan yang dikonsumsi manusia mempunyai peranan yang sangat penting serta dapat menyebabkan ia terkena penyakit-penyakit tersebut, beberapa penelitian telah mengungkapkan, bahwa makanan yang banyak mengandung lemak dan kolestrol adalah penyebab utama penyakit-penyakit ini.

Minyak dan kolestrol ini banyak terdapat pada; daging-dagingan yang tinggi kadar lemaknya, telur, susu yang mengandung lemak da manisan/kue, terutama yang pembuatannya menggunakan lemak hewani (seperti minyak baladi). Bahkan juga, minyak nabati (khususnya minyak kelapa dan kelapa sawit) walaupun tidak mengandunng kolestrol, tetapi, sebagian besar mengandung lemak. Mengkonsumsi minyak-minyak ini secara berlebihan, mungkin dapat menambah jumlah kolestrol dalam darah.

Kolestrol bekerja membuat endepan-endepan dalam pembuluh darah dan bersamaan dengnan berjalannya waktu, endepan-endepan ini akan bertambah dan mempersempi tpembuluh darah bahkan dapat menyumbatnya, lalu peredaran darah saling berlawanan, kemudian pada akhirnya akan terbentuk gumpalan-gumpalan darah di tempat yang sempit yang dapat berakibat seseoranng mengalami serangan jantung. Mengurangi makanan yang mengandung lemak dan kolestrol berguna untuk membantu menurunkan jumlah kolestrl dalam darah.

2. Menghindari Merokok


Merokok adalah perilaku manusia yang paling membahayakan kesehatan, dans setiap tahunnya menyebabkan ribuan orang mati karena penyakit yang berkaitan dengan rokok, seperti ginjal jantung, kanker paru-paru, tenggorokan, saluran makanan atas, mulut, kantung kemih dan pangreas. Sudah terbukti, bahwa kanker paru-paru sangat berkaitan erat dengan kebiasaan merokok, banyak mewabah di antara para perokok laki-laki dan wanita di banding dengan orang yang tidak merokok,ada beberapa penelitian menunjukkan tentang adanya bukti-bukti yang otentik yang menyatakan bahwa kanker leher rahim lebihbanyak diderita oleh para wanita perokok disbanding dengan mereka yang tidak perokok.

Penelitian terbaru menyebutkan, bahwa wanita perokok lebih cepat mencapai usia menopause sebelum waktunya, karena zat-zat beracun yang terdapat dalam rokok menyebabkan hormon esterogen dari tubuh wanita cepat menghilang, yaitu hormon yang mencegah berhentinya menstruasi, dan selanjutnya memperlambat datangnya menopause. Begitu juga, penderita serangan jantung kian bertambah jumlahnya di antara para wanita yang telah mencapai usia menopause dan dengan merokok akan makin menambah jumlah penderitanya.

Berhenti merokok dapat memperkecil peluang terkena penyakit-penyakit yang berhubungan dengan rokok, berapa lamapun waktu merokok yang telah dihabiskan oleh perokok, sesungguhnya seseorang setelah melalui lima belas tahun lalu berhenti merokok, maka peluang perokoktadi untuk terkena kankker paru-paru sama dengan peluang terkenanya seseorang yang tidak pernah merokok sama sekali dalam hidupnya.

3. Menghindari Minuman-minuman Keras dan Alkohol


Tubuh wanita paling mudah terpengaruh oleh dampak negatif dari mengkonsumsi minuman-minuman keras dan alcohol,karena tubuh wanita memiliki kandungan-kandungan yang lebih tinggi dari alcohol dalam darah dibandingkan dengan laki-laki yang memiliki rentang waktuyang sama dan mengkonsumsi kadar alcohol yang sama.

Telah kami jelaskan, bahwa tubuh mengandung enzim yang berfungsi menetralisir alcohol, enzim ini jumlahnya lebih pada wanita jika dibandingkan yang ada pada laki-laki, hal itu akan berdampak pada meningkatnya jumlah alcohol dalam tubuh wanita dan membuatnya lebih mudah terkena berbagai macam penyakit. Jika seseorang mengkonsumsi minuman-minuman keras secara berlebihan hal itu dapat menyebabkan; kanker hati, mulut, paru-paru dan pangreas, dan pada wanita penyakitnya akan bertambah, dengan kemungkinan terkena; pendarahan pada lambung, usu dan hypertensi serta membeesarnya lever dan terjadinya gagal lever, obesitas, kekurangan darah dan gizi yang buruk.

4. Berolahraga


Olahraga secara teratur membuat peluang tubuh untuk terkena berbagai macam penyakit semakin kecil dan dengan berolahrga membuat tubuh manusia lebih sehat, enejik dan gagah. Jenis-jenis olahraga yang paling banyak manfaatnya adalah olahraga yang dilakukan di udara segar, seperti berjalan, berlari, berenang dan mengendarai sepeda, jenis olahraga seperti ini membantu memperbaiki kinerja dan menguatkan jantung serta mengurangi peluang terkena serangan jantung.

Dengan membiasakan diri berolahraga dapat membebaskan diri dari obesitas sekaligus menurunkan berat badan. Seharusnya seseorangn menjadikan berolahraga itu sebagai hobi sekaligus hiburan, tiga kali dalam seminggu dan tidak kurang dari dua puluh menit setiap kalya, serta tidak terlalu berat, begitu juga hendaknya porsi latihan yang dilakukan, cukup untuk meningkatkan detak jantung sampai batas yang normal. Yaitu batas yang dapat membuat manusia ketika berolahraga mampu melakukannya, maka artinya orang lain. Jika seseorang mampu melakukannya, maka artinya orang tersebut masih dalam batas latihan olahraga yang wajar, tetapi harus tetap waspada ketika terjadi perpindahan pendinginan dengan mendadak.

Seseorang yang berolahraga juga harus memperhatikan posisi tegaknya punggung pada saat latihan. Dan jika seseorang mengidap penyakit jantung, maka dia harus meminta petunjuk dari dokter, agar dokter menentukan jenis olahraga yang sesuai untuknya. Sesungguhnya bermalas-malasan dan kurang bergerak dapat melemahkan otot-otot tubuh dan mengakibatkan rasa lelah dan lelah ketika setiap kali melakukan pekerjaan.

Karena itulah, di anjurkan untuk tekun dalam menggerakkan tubuh, karena bisa saja terjadi rasa sakit di tubuh setelah melakukan olahraga, tetapi akan cepat hilang dengan mengikuti olahraga yang teratur dan bertahap daam melakukannya serta tidak berlebihan.

5. Melakukan Pemeriksaan Dokter Secara Berkala


Melakukan pemeriksaan dokter adalah menjadi suatu keharusan dengan secara teratur dan berkala. Dengan pemeriksaan teratur, maka mungkin dapat dilakukan diagnose dini terhadap kanker usu dan anus (lingkar dubur). Dengan mengetahui suatu penyakit secara dini, dapat menghilangkan akibat yang ditimbilkan dengan cepat dan tepat. Tetapi sayang sekali jika terlambat diketahui, maka akan sulit menyembuhkannya.

Kanker itu timbul karena adanya perubahan sebagian zat tambahan di dinding usu besar yang berubah menjadi tumor, perubahan terus berlangsung dan sejalan dengan waktu menjadi kanker tumor, dengan semakin banyaknya sel-sel kanker, dinding bagian dalam usus menjadi semakin kasar, lalu terjadi pendarahan pada daerah yang terkena tumor dan usus menjadi kian menyempit dan mencegahnya untuk bergerak, sehingga sulit untuk buang air besar, karena itulah, seseorang harus segera dirujuk ke dokter jika ia merasakan gerakan-gerakan aneh di daerah usus, terutama jika disertai dengan keluarnya darah bersama kotoran ataupun menderita diare atau konstipasi yang tidak diketahui sebabnya, dan terjadi terus menerus selama lebihdari sepuluh hari.

Pengetesan labraturium dan pengecekan dapat membantu mendeteksi kanker secara dini. Hal yang sama adalah kanker leher rahim pada wanita. Pada permulaannya ia terbentuk secara lambat dan mungkin dapat disembuhkan dengan tingkat keberhasilan seratus persen. Tetapi karena diabaikan, kanker menjadi masuk dan menyebar ke seluruh rahim, sehingga tingkat keberhasilan dalam penyembuhan hanya sekitar delapan puluh lima persen saja, dan jika menyebar ke bagian tubuh yang llain, maka lima persen saja, dan jika menyebar ke bagian tubuh yang lain, maka tingkat keberhasilan turun menjadi sekitar tiga puluh persen saja. Sayangnya adalah, bahwa penyakit ini tidak tampak gejala-gejalanya kecuali setlah mencapai stadium lanjut.

Gejala-gejala tersebut tampak dengan bau yang tidak sedap serta terjadinya pendarahan pada vagina di antara menstruasi dan yang lainnya. Ada juga orang yang menderita kanker payudara, hal itu mudah dideteksi stadium awalnya sehingga mudah pula pengobatannya. Memfot payudara dengan sinar rontgen dapat mendeteksi benjolan-benjolan pada payudara secara dini yang sebelumnya jika dideteksi dengan pemerikasaan dokter biasa memakan waktu sekitar lima tahun.

Para wanita antara usia empat puluh sampai dengan empat puluh Sembilan tahun, dianjurkan merontgen payudara setiap satu atau dua tahun sekali dan setelah usia empat puluh Sembilan tahun, maka photo rontgen dilakukan setiap tahun, seseorang dapat ikut serta melakukan pemeriksaan periodik untuk mengetahui dan mendeteksi berbagai macam penyakit yang diderita serta mengupayakan penyembuhannya secara dini sebelum menjadi parah.

Dianjurkan ketika melakukan pemeriksaan dokter secara periodic seharusnya megontrol tekanan darah kita, karena tekanan darah yang tinggi baiasanya tidak disertai gejala apapun, maka suatu saat hal itu dapat mengakibatkan seseorang terkena penyakit di ginjal, jantung atau otak.

6. Berat Badan dan Keharusan Mengendalikannya


Makanan yang kita makan harus diatur, dimana jumlah makanan yang berlemak tidak melebihi dua puluh persen dari konsumsi makanan keseluruhan. Dengan jumlah seperti ini, maka berat badan kita tidak akan bertambah. Karena biasanya, berat badan dapat bertambah dengan mengkonsumsi bahan-bahan yang berlemak.

Olahraga dapat berfungsi untuk mengaktifkan kembali jantung dan pembuluh-pembuluh darah kita, dengan melakukan jalan santai, membantu mengurangi berat badan yang berleih, dengan syarat, hal itu dilakukan paling sedikit lima kali dalam seminggu untuk setiap kalinya memakan waktu tidak kurang dari empat puluh menit tanpa lelah. Dengan bertambahnya berat badan seseorang ataupun berkurangnya berat badan dari batas normal dapat menimbulkan penyakit di dalam tubuh.

Obesitas (kegemukan) menimbulkan beberapa macam penyakit dalam tubuh, seperti hypertensi, bertambahnya jumlah kolestrol dalam darah, mengerasnya pembuluh-pembuluh darah, diabetes, penyakit pada kantong empedu dan hernia. Selengkapnya silahkan baca artikel Dampak negatif kegemukan

7. Tidur dan Kegunaannya


Waktu dan periode tidurnya seseorang yang tidak teratur dapat menyebabkan sakit kepala. Seharusnya waktu tidur itu diatur, di mana kita dapat tidur dan banngun pada waktu-waktu yang sudah ditentukan dan sudah tetap, dengan memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk tidur, tanpa kurang dan tanpa berlebihan.

8. Ketenangan Psikologis


Manusia yang senatiasa mengalami ketegangan psikis akan melemah resistensinya. Kesedihan, kegelisahan, insomnia dan otot yang menegang, seharusnya dibarengi dengan wkatu yang cukup untuk beristirahat, untuk menghilangkan efek-efeknya, dianjurkan sesudah tidur untuk melakukan aktivitas yang menghibur jiwa, melakukan olahraga, berjalan, menjauhi keramaian, dan mendatangi tempat-tempat yang tenang, dengan bergembira dan mendatangi tempat-tempat yang tenag, dengan bergembira dan tertawa dapat menenengkan jiwa, menghilangkan ketegangan dan memperlancar aliran darah, hal itu sangat berbeda dengan kondisi depresi, sedih dan gelisah.

9. Petunjuk dalam Mengkonsumsi Obat-Obatan


Jangan biasakan diri anda untuk mengkonsumsi obat-obatan, vitamin dan antibiotic sendiri tanpa arahan dokter, seharusnya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi zat-zat dan obat-obatan tersebut.

10. Waspada dari Kopi dan Teh


Kopi dan the hamper sama seperti rokok, berfungsi mengaktifkan hormon adrenalin yang meningkatkan sensifitasterhadap berbagai macam penyakit. Keduanya juga mengandung zat-zat penstimulus yangn berpengaruhpada kenyamanan tidur seseorang, membuat gelisah dan tidak tenang.minum kopi pada pagi hari, dalam kondisi perut yang belum terisi makanan, akan mengaktifkan produksi zat asam dalam lambung. Kopi jika dibarengi dengan sebab-sebab yang lain seperti rokok dan stress dapat menimbulkan penyakit.

11. Memperkuat Daya Tahan Tubuh


Penggunaan zat-zat kimia beracun dan bahan-bahan radiasi yang berbahaya dapat menyebabkab manusia terkena berbagai macam bahaya negatif, terutama pada daya tahan tubuhnya. Penggunaan serum/plasma dan vaksin yang berbeda serta instruksi-instruksi dokter untuk menguatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin dan unsure-unsur mineral mempunyai peranan penting dalam meguatkan system kekebelan tubuh. System kekebalan, akan kuat dalam diri orang yang sehar dan berbadan kuat. Immunitas akan berkurang pada orang-orang yang lemah daya tahan tubuhnya.

Referensi :
Syaikh Adil Fahmi, Asrar an Nisa' Min al-Alif Ila Al-Ha' | Dar Al-Ghad Al-Jadid, Manshurah, Mesir 2005
Mamnu Lighairi Mutazawijaat | Dar Al-Ghad Al-Jadid