Skip to main content

follow us

10 Tips Untuk Kesehatan Punggung dan Leher Anda


10 Tips Untuk Kesehatan Punggung dan Leher Anda. Kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan manusia dalam melakukan aktifitas hidup dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada bagian punggung. Yang aneh, bahwa penanganan dalam masalah ini bukan hal yang sulit, bahkan sesuatu yang sangat sederhana yang dimanifestasikan dengan memperhatikan beberapa hal dalam kehidupan sehari-hari untuk menghindari timbulnya rasa sakit ini.

Sesunguhnya seseorang yang karena tuntutan pekerjaan mereka sehari-hari mengharuskan mengangkat beban berat, maka punggung yang menahan mereka dengan beban berat akan menyebabkan rasa sakit, hal itu terjadi jika seseorang berusaha mengangkat beban berat yang mereka belum pernah mengangkatnya.

Duduk untuk waktu yang lama pada saat bekerja, terutama pekerjaan rutin diatas meja atau didepan layar monitor PC dan laptop, itu akan dapat melelahkan punggung.

Ada beberapa tips sederhana yang bisa menjaga punggung anda tetap sehat tanpa rasa sakit :

  1. Hendaknya pada saat anda terpaksa duduk untuk waktu yang lama saat bekerja, sempatkanlah untuk berdiri walau hanya sekali, berjalanlah beberapa saat ditempat kerja anda, melakukan stretching pelan-pelan diatas lantai dan tekuklah kedua lutut anda, kemudian  letakkan bantal tipis dibawah kepala lalu angkatlah betis sedikit keatas dan letakkan diatas kursi serta bersandarlah anda selama sepuluh detik, lakukan secara berulang-ulang untuk menghilangkan rasa sakit pada punggung.Tips ini berguna untuk relaksasi seluruh punggung kebelakang persendihan tulang-tulang yang tertarik akibat duduk dalam waktu lama. Misal seperti mereka yang sehari-hari bekerja didepan komputer/laptop atau pekerjaan diatas meja, dan lain-lain.
  2. Perhatikanlah pada saat anda duduk, posisi punggung haruslah tegak dengan menjadikan kedua lutut lebih tinggi sedikit dari paha. Untuk menjaga susuna tulang punggung yang bagus, hendaknya memilih tempat duduk yang dirancang dengan baik yang memungkinkan anda duduk diatasnya dengan punggung anda tetap tegak.
  3. Apabila pekerjaan mengharuskan anda tetap berdiri dalam waktu yang lama. Perlu anda ketahui bahwa berdiri dalam waktu yang lama dapat menyebabkan tekanan pada persendihan tulang punggung. Jika ini adalah pekerjaan anda, maka sesekali anda membungkuk kedepan lalu berdiri, dan menekuk kedua lutut sebagai latihan kecil untuk menghindari kelelahan yang disebabkan berdiri terlalu lama.
  4. Ketika anda sakit punggung, maka tidur yang paling baik adalah dengan posisi terlentang dengan meletakkan bantal kecil dibawah kedua lutut. Posisi seperti ini dapat menghilangkan beban yang terdapat di tulang belakang anda dan mengembalikan bungkuk ke posisi yang normal. Tidak dianjurkan tidur bertumpu dengan perut karena itu menyebabkan punggung tertarik.
  5. Tidak terhipnotis dengan iklan yang menyarankan tidur diatas kasur yang keras, itu hanya bermanfaat untuk sebagian orang, dan tidak untuk yang lain. Karena itulah kasur yang cocok dan sesuai untuk kita adalah kasur yang membuat tidur kita nyaman dan membuatnya bangun dalam keadaan senang dan bersemangat.
  6. Ketika anda bangun dari tidur, anda harus bangun dengan tenang. Cara terbaik untuk turun dari tempat tidur adalah dengan berbaring menyamping kemudian anda turunkan kedua kaki, cara seperti ini melindungi seseorang dari keseleo saat bangun dari tidur, begitu pula memungkinkannya berdiri setelah duduk.
  7. Peradangan dapat menyertai rasa sakit pada punggung, penanganannya mungkin dengan menempelkan bahan-bahan yang dingin selama 48 jam, kemudian setelah itu dengan bahan-bahan hangat agar dapt membantu penyembuhan dan menambah cepat peredaran darah serta mengurangi kejang-kejang di urat. Yang paling penting dari semua itu adalah konsultasi dengan dokter.
  8. Hindari duduk dalam keadaan tidak nyaman, terutama bagi para remaja yang mengeluhkan sakit pada punggung dan leher karena mereka terbiasa belajar diatas kasur. Disarankan untuk menjaga kesehatan tubuhnya dengan melakukan olahraga ringan di pagi hari selama minimal 5 menit, begitu pula berjalan semampunya dan menghindari belajr diatas kasur. Berikanlah diri anda waktu untuk istirahat selama 5 menit setiap jamnya, untuk merubah cara duduk dan memperlancar peredaran darah serta membenarkan letak urat leher dan punggung.
  9. Pada saat duduk diatas bangku sekolah, hendaknya tubuh tidak condong kedepan dalam waktu yang lama karena dapat membuat rasa sakit pada tulang leher dan dapat terjadinya pergeseran pada tulang-tulang lunak di bagian bawah punggung. Begitu pula leher, hendanya tetap pada kondisi normal, yaitu lengkingan tetap menekuk kedepan sehingga dapa menggerakkan leher sewaktu-waktu untuk merelaksasi otot-ototnya.
  10. Harus diperhatikan untuk tidak berhadapan dengan aliran udara atau keluar ke udara bebas setelah mandi air hangat.

Referensi :
Syaikh Adil Fahmi, Asrar an Nisa' Min al-Alif Ila Al-Ha' | Dar Al-Ghad Al-Jadid, Manshurah, Mesir 2005
Rahasia Wanita Dari A Sampai Z (edisi indonesia) | Pustaka Al-Kautsar
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar