Skip to main content

follow us

Tips Mengatasi Stress Pada Anak


Tips Mengatasi Stress Pada Anak. Layaknya orang dewasa, stres bisa datang dari mana saja dan kepada siapa saja. Banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang bisa stres, sebagaimana artikel sebelumnya tentang Kenali gejala, faktor dan pengarus stres.

Namun terlepas dari itu terkadang kita kurang menyadari bahwa anak-anak juga bisa stres dan harus ditangani dengan tepat. Secara umum beberapa penyebab stres pada anak, yaitu:

  1. Terlalu sibuk dengan aktifitas di dalam atau di luar kelas
  2. Kurang waktu bermain
  3. Orang tua sering bertengkar, dan ada masalah komunikasi dalam keluarga
  4. Ada anggota keluarga yang sakit
  5. Menonton hal-hal yang menyeramkan di televisi, seperti perang, bencana, atau horor
  6. Kehilangan orang yang dicintai

Menurut Anna Surti Ariani, psikolog medicare clinic. Perbedaan mendasar antara orang dewasa dan anak-anak dalam mengenali dan mengatasi stres. Jika anak meresakan tekanan, ia tidak tahu itu apa dan harus bagaimana. Sementara orang dewasa akan lebih cepat menyelesaikan masalahnya hingga stres menjadi positif.

Oleh karena itu, orang tua perlu memperkenalkan anak tentang bentuk-bentuk emosi termasuk stres, kemudian ajarkan juga anak mengatasi keadaan tersebut. Misalnya anak kalah bermain dengan temannya, orang tua bisa mengarahkan agar anaknya yang kalah tidak perlu sedih dan mencoba lagi hingga menang.

Gejala stres pada anak dapat diamati oleh orang tua, yaitu ketika anak lebih mudah tersinggung. Orang tua sebaiknya jangan terlalu terburu-buru menilai kalimat yang dilontarkan anak sebagai bentuk ketidaksopanan anak. Harus ditelaah dulu, apa yang menyebabkan anak menjadi sensitif. Orang tua harus membuat suasana hati anak menjadi lebih baik.

Gejala lainnya, sering juga anak merasa tidak nyaman, tidak suka ditanyai atau merasa terganggu jika didekati, atau menunjukkan rasa kesal sambil memukul-mukul maupun menghempaskan kakinya di lantai. Dalam kondisi itu, anak juga akan lebih agresif dibanding biasanya, sering protes atau tidak bisa diam.

Semoga artikel Tips Mengatasi Stress Pada Anak ini bermanfaat...
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar