Skip to main content

follow us

Terlalu Banyak Minum Air Tidak Baik Untuk Kesehatan


Terlalu Banyak Minum Air Tidak Baik Untuk Kesehatan. Sebenarnya terlalu banyak minum air tidak datang secara sengaja, tapi karena keinginan minum yang sedang menggebu-gebu. Lalu apa akibat bagi tubuh kita jika terlalu banyak minum air?

Terdapat 3 hal penting yang dapat terjadi pada tubuh ketika kita terlalu banyak minum air, yaitu :

Meningkatnya jumlah volume darah dalam tubuh


Hal ini akan berimbas pada sistem pembuluh darah yang akan tertutup yang membuat kinerja jantung beserta pembuluh darah akan meningkat bersamaan dengan meningkatnya tekanan pada sistem pembuluh darah yang tertutup itu.

Meningkatkan kinerja ginjal dari yang seharusnya


Ginjal akan menyaring setiap cairan yang masuk kedalam tubuh, beda dengan pipa air dimana semakin banyak air yang masuk, maka semakin bersih pipa tersebut. Namun hal ini tidak berlaku untuk ginjal, malah sebaliknya beban yang diterima ginjal akan semakin besar dengan semakin meningkatnya air yang harus disaring.

Menyebabkan kondisi yang fatal dalam keadaan hiponatremia


Hiponatremia merupakan suatu kondisi yang terjadi dimana darah pada tubuh kekurangan kadar garam. Natrium merupakan elektrolit yang membantu mengatur jumlah kadar air didalam dan disekitar sel-sel tubuh. Dan terlalu banyak minum air dapat menyebabkan natrium dalam tubuh menjadi encer. Secara normal konsentrasi natrium yang seharusnya ada dalam darah berkisar antara 135 sampai dengan 145 milmol/liter, namun pada keadaan hiponatremia konsentrati natirum ini kurang dari 135 milmol/liter. (bidanku.com)

Ketika kondisi seperti ini terjadi, kadar cairan dalam tubuh akan meningkat dan sel-sel dapat mengalami pembengkakan. Sel-sel yang membengkak tersebut memang tidak akan mengalami kesulitan untuk mengembang akibat air yang diterimanya, karena sel-sel masih memiliki ruang disekitar sel-sel tersebut. Hanya saja, sel tersebut berbeda dengan sel yang ada diotak.

Sel-sel diotak terkurung dalam tulang tengkorak kepala yang begitu keras dan tidak memiliki ruang cukup untuk mengembangkan diri seperti halnya sel dibagian tubuh lainnya. Sehingga Pembengkakan inilah yang dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan, dari mulai ringan hingga parah. Sebuah studi mengungkapkan, kekurangan natrium atau kondisi hiponatremia yang terjadi secara lambat dapat menyebabkan penderitanya mudah mengantuk. Namun apabila terjadi secara cepat, kekurangan natrium ini bisa berakibat pada kematian.

Yang paling mengejutkan lagi, seperti diberitakan di mirror.co.uk bahwa telah terjadi setidaknya 14 orang meninggal akibat terlalu banyak minum air saat melakukan olahraga. Dr James Winger, dari Loyola University, mengatakan bahwa membanjiri tubuh dengan minuman dapat menyebabkan kondisi yang dapat mengancam jiwa terutama dalam keadaan hiponatremia. Gejala ringan termasuk pusing, mual, atau bahkan yang paling berat bisa menyebabkan muntah, sakit kepala, perubahan status mental seperti kebingungan, agitasi dan delirium, serta kejang dan koma.

Secara umum tidak ada aturan tentang seperti apa air yang terlalu banyak, tapi Mayo Clinic di New York menyarankan minum air setidaknya 8 gelas atau 2 liter perhari. Namun hal ini bukan berarti anda harus mengkonsumsinya sekaligus pada waktu yang sama. Selain itu, anjuran tersebut hanya berlaku untuk orang sehat, bagi orang yang memiliki gangguan kesehatan seperti penderita ginjal tentu harus membatasi jumlah konsumsi air putih agar tidak terlalu banyak.
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar