Skip to main content

follow us

Sejuta Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan


Sejuta Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan. Tin atau yang dikenal sebagai figs dalam bahasa Inggris atau dalam bahasa Indonesia disebut buah ara banyak sekali khasiatnya bagi kesehatan. Tin banyak mengandung zat-zat yang amat dibutuhkan oleh tubuh kita dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak seperti makanan manis lainnya, Tin tidak membahayakan gigi. Bahkan, bila dikeringkan akan lebih manis dan bernutrisi karena mengandung vitamin A, B, dan mineral seperti fosfor, zat besi dan kalsium.

Buah Tin mengandung vitamin yang melimpah. Kandungan vitaminnya tidak kalah hebatnya dengan apel dan jeruk. Hasil riset California Figs Nutritional Information menyebutkan, buah Tin mengandung serat yang sangat tinggi. Setiap 100 g buah Tin kering mengandung 12,2 g serat, sedangkan apel hanya mengandung 2 g dan jeruk 1,9 g.

Tin juga mengandung asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan bagi kesehatan, di antaranya omega-3 dan omega-6, yaitu sejenis lemak yang berperan dalam pencegahan penyakit jantung. Disamping itu, buah Tin juga mengandung unsure lain yang menjadi bahan anti kanker, yaitu benzaldehyde dan coumarins. Benzaldehyde telah terbukti mampu bertindak sebagai bahan anti tumor dan coumarins adalah untuk merawat kulit dan kanker prostat.

Tin tergolong rendah lemak, rendah sodium, rendah kalori dan bebas kolestrol sehingga ampuh mencegah hipertensi dan sangat cocok dikonsumsi para penderita diabetes atau penyakit gula.

Selain kandungan vitamin dan gizi diatas, beragam vitamin dan mineral bermanfaat juga terkandung di dalamnya. Setiap 100 g buah Tin mengandung vitamin A sebanyak 9,76 IU, vitamin C, 0,68 mg, kalsium, 133,0 mg dan zat besi, 3,07 mg.

Mengkonsumsi buah Tin secara teratur, menurut para pakar kesehatan, dapat membantu membersihkan racun di dalam tubuh, mencegah kanker kolon dan penyakit degenerative lainnya.

Secara khusus, Rasulallah bersabda tentang manfaat buah Tin, “Sekiranya aku katakan, Sesungguhnya buah yang turun dari syurga maka aku katakan, inilah buahnya. Sesungguhnya buah surga tiada keraguannya. Maka makanlah buah Tin karena bisa menyumbat penyakit ambeien (wasir) dan berguna untuk penyembuhan encok, “(HR. Al-Awza’I dari Abi Dzarr).

Menurut imam al-Baidhawi dalam tafsirnya, Tin adalah obat yang memiliki banyak khasiat, di antaranya dapat melemaskan usus (tidak kaku), mengencerkan dahak, membersihkan ginjal, kotoran (pasir) kandung kemih, hati dan limpa.

Tin juga berkhasiat menghilangkan bau mulut, mencegah penyakit strok, dan bermanfaat bagi penderita tuberculosis. Dalam kasus sembelit (sulit buang air besar), Tin bisa berfungsi sebagai obat pencahar.

Buah ini juga baik untuk mengendalikan nafsu makan dan membantu usaha penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian, jus buah Tin merupakan minuman yang baik untuk membunuh bakteri merugikan.

Di samping itu, kandungan serat, kalsium dan magnesium di dalam buah Tin dapat mengurangi serangan angin, mampu mengontrol tekanan darah tinggi, dan dapat memperlahan proses penyerapan glukosa di usus kecil bagi penderita kencing manis.

Selain itu, buah Tin juga dapat memulihkan rasa lelah dan meningkatkan kekuatan otak. Kandungan lendirnya yang sangat tinggi efektif mengobati sakit tenggorokan. Konon, buah Tin juga efektif mengobati jerawat dengan melumat dan mengoleskannya ke wajah, lalu membiarkannya selama 10-15 menit.

Itulah Sejuta khasiat dan manfaat buah Tin bagi kesehatan. Buah ini dapat dikonsumsi setiap orang, termasuk anak-anak dan merupakan makanan yang terbaik untuk semua umur, karena buah Tin mengandung serat yang tinggi dan manis rasanya. Jadi sangat tepat jika kita megkonsumsi buah ini, sebagai makanan alternative untuk meningkatkan kesehatan kita sehari-hari. Insya Allah Semoga bermanfaat...

Referensi : Buletin sidogiri
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar