Skip to main content

follow us

Manfaat Kurma Menurut Al-Quran dan Medis


Berikut ini sebagian dari manfaat atau khasiat buah kurma untuk kesehatan ditinjau dari sudut pandang medis modern yang sekaligus menguatkan khabar Al-Quran tentang khasiat dan keutamaan kurma.

Sebagaimana ditulis oleh Zaki Rahmawan dalam bukunya Kupas Tuntas Khasiat Kurma Berdasarkan Al-quran dan medis, Media Tarbiyah, Bogor 1426 H.

  1. Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol lajau gerak usus serta menguatkan rahim terutama ketika melahirkan. Sebagaimana firman Allah SWT.
    “Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini” (Maryam, 25-26). Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah dalam tafsirnya membawakan perkataan ‘Amr bin Maimun: “Tidak ada sesuatu yang lebih baik bagi perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah”
  2. Ruthab (kurma basah) mencegah terjadinya pendarahan bagi perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil berikutnya. Hal ini karena kurma mengandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses melahirkan
  3. Memudahkan persalinan dan membantu keselamatan ibu dan anaknya
  4. Buah kurma, baik kurma kering atau kurma basah dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok.
  5. Buah kurma yang direbus dapat melancarkan saluran kencing
  6. Buah kurma ajwah dapat digunakan sebagai alat ruqyah dan mencegah dari gangguan jin
  7. Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum
  8. Buah kurma dapat mencegah penyakit struke
  9. Buah kurma mengandung vitamin A yang baik untuk memelihara kelembapan dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolism lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit, serta menenangkan sel-sel saraf
  10. Kurma adalah buah, makanan, obat, minuman sekaligus gula-gula

Semoga Manfaat Kurma Menurut Al-Quran dan Medis ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar