Laut Paling Fenomenal di Dunia dan Kenapa Air Laut Asin?

Laut Paling Fenomenal di Dunia dan Kenapa Air Laut Asin?

Laut Paling Fenomenal di Dunia dan Kenapa Air Laut Asin?


Kenapa air laut asin? Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa permukaan bumi terdiri dari lautan dan daratan. Dan perbandingan antara keduanya adalah 1 banding 3, artinya lautan lebih luas dari daratannya, dan daerah perairan terbagi dari beberapa samudera dan lautan. Dari laut tersebut, tahukah anda bahwa ada beberapa laut yang fenomenal seperti :

Laut Hitam
Sebuah laut dalam yang terletak antara eropa tenggara dan asia kecil, laut ini terhubungkan oleh laut tengah Bosvarus dan laut Marmara, laut dimana kapal perang Rusia berada. Dalam ilmu angkatan laut, diberi nama laut hitam karena lapisan hydrogen sulfida dimulai dari 200 meter dibawah permukaan laut. Istilah lain kenapa laut ini dinamakan lait hitam, mungkin berasal dari warna perairan yang lebih mengarah ke utara dibandingkan dengan laut Mediterania.

Laut ini pun lebih sedikit kadar garamnya serta konsentrasi mikroalga yang menyebabkan warna laut menjadi hitam. Ada juga orang-orang Yunani memberi arah kompas menyebutkan bahwa hitam mengacu ke utara, merah menuju ke selatan, dan putih menuju kearah timur. Sedangan menurut pelaut Bulgaria disebut laut hitam karena itu adalah laut kematian, maka bila berlabuh dilaut tersebut dan terperangkap dalam badai, biasanya akan mati karena tidak adanya pulau-pulau bagi kapal untuk bersandar.

Laut Merah
Merupakan sebuah teluk yang berada di Jazirah Arab, tepatnya yang memisahkan benua Asia dengan benua Afrika. Laut merah memiliki lebih dar 300 kilometer dan panjang 1900 kilometer dengan titik terdalam 2500 meter. Laut yang muncul memisahkan Jazirah Arab dan Benua Afrika dimulai dari 30 juta tahun yang lalu ini menjadi tempat bagi berbagai habitat dah koral.

Seorang ahli fisika penulis buku “The Miracles of Exodus” dari amerika mencoba melakukan penjelajahan dan faktanya laut tersebut tidak berwarna merah melainkan berwarna biru sama seperti laut yang lainnya, dalam proses penelitian tersebut dia menemukan sekumpulan alang-alang berwarna merah yang tumbuh subur berkat keberadaan air tawar disekitar tempat tersebut. Selain itu laut ini terkenal keseluruh penjuru dunia, terutama kita umat muslim. Dikarenakan kisah Nabi Musa yang membelah lautan menjadi dua, dan ditengahnya terdapat jalan untuk menyeberang saat dikejar pasukan Fir’aun, setelah kaum Nabi Musa sampai  lautan dikembalikan kesemula sehingga fir’aun tenggelam bersama para tentaranya.

Laut Mati
Mendengar nama laut mati, kita pasti membayangkan kawasan laut yang menyeramkan dan terdapat sesuatu yang mematikan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Namun ternyata hal itu tidaklah benar! Laut ini berada di kawasan timur tengah yang berada di perbatasan Isarael, Palestina dan Jordania. Laut ini juga merupakan laut dengan kadar garam tertinggi di dunia, karena setiap hari setidaknya 7 juta ton air yang menguap dan membuatnya semakin asin, bahkan diklaim bahawa air lautnya 9 kali lebih asin dari air laut biasanya. Karena kadar garam yang tinggi ini, hampir tidak ada binatang laut yang bisa hidup di laut tersebut, sehngga laut tersbut disebut lau mati.

Nah pembaca yang budiman, dari beberapa laut fenomenal tadi, pernahkah anda berfikir mengapa Allah menciptakan air laut yang asin? Allah AWT berfirman "Dan tidaklah sama antara dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasanyang dpat kamu pakai. Dan pada masing-masingnya kamu dapat melihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dpat mencari Karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur" (QS. Faatir, 12)

Air laut dijadikan air yang asin sekali bahkan cenderung pahit, adalah untuk kehidupan makhluk hidup yang ada di daratan. Ya air laut yang bersifat tenang dan tidak mengalir memang untuk kehidupan binatang dibwaah laut, maka seandainya air laut itu tawar dan manis tentu airnya akan amis da berbau karena bangkai hewan laut yang tidak dikubur, dan semesta akan tercemar karena bangkai-bangkai ikan itu akan mendekam lama didalam lautan bersama makhluk hidup lainnya, udara pun akan ikut tercematr karena bau-bau itu. Namun Allah dengan segala karunianya menjadikan air laut asin, sifat air laut tidak akan berubah sama sekali, itulah penyebab kenapa air laut itu asin.

Dan dalam proses ilmiahnya, menurut penelitian air laut memiliki kadar garam karena bumi dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat didalam batu-batuan dan tanah, contohnya seperti Natrium, Kalium, Kalsium dan lain sebagainya. Maka apabila air sungai mengalir ke laut, air tersebut akan membawa garam. Pada saat terjadi hujan di daratan, air akan meresap dalam tanah dan sedikit demi sedikit akan keluar lagi melalui sungai-sungai dan akhirnya mencapai laut. Pada saat perjalanan menuju laut tersebut, air dari daratan membawa garam-garam mineral yang berasal dari sela-sela bebatuan dari kerak bumi sehingga laut dipenuhi garam-garam mineral.

Seperti yang kita ketahui, laut mempunyai permukaan yang sangat luas sehingga ini menjadi salah satu faktor penguapan yang cukup besar. Dan pada saat air laut menguap lalu menjadi awan dan hujan, yang menguap hanyalah air sedangkan garam mineral tetap tinggal bersama air laut.

Itulah proses ilmiah yang terjadi sehingga air laut rasanya asin, kadar keasinan air laut ini juga dipengaruhi oleh faktor suhu, semakin panas suhu daerah tersebut maka air laut semakin asin.