Skip to main content

follow us

Kenali Gejala, Faktor dan Pengaruh Stres


Kenali Gejala, Faktor dan Pengaruh Stres. Stres adalah kondisi perasaan tidak enak atau tertekan baik secara fisik ataupun psikologi, yang disebabkan oleh persoalan-persoalan diluar kendali kita. Stres merupakan respon umum terhadap perubahan; bentuknya tergantung persepsi diri tentang persoalan atau perubahan tersebut.

Stres tidak hanya berakibat negatif, sebab kita pun membutuhkannya untuk merangsang kemajuan dan kreatifitas. Sebelum mengatasi stres, ada baiknya mengetahui gejala, faktor dan hal yang menjadi pengaruh stres.

Gejala Stres


  1. Biasanya orang menjadi bersemangat besar, penglihatannya menjadi lebih tajam dan kemampuan menyesuaikan pekerjaan lebih besar dari biasanya. Hanya tak disadari bahwa cadangan energinya menjadi menipis.
  2. Dampak stres yang menyenangkan mulai hilang dan timbul keluhan-keluhan akibat cadangan energi tidak cukup. Gejalanya; keletihan, gangguan sistem percernaan, disertai jantung berdebar, tekanan darah naik, rasa tegang dibagian otot punggung dan tengkuk. Juga timbul perasaan tidak enak; tak puas, khawatir, cemas, tertekan, rendah diri, jenuh atau bosan.
  3. Ditandai dengan semakin sering mumculnya gangguan tadi dan mulai ada kesulitan tidur. Pada tahap ini harus konsultasi dengan dokter, kecuali penyebab stres berkurang dan tubuh bisa beristirahat.
  4. Mulai timbul kesulitan dalam kemampuan menanggapi situasi, tidur semakin sulit, mimpi tegang sering muncul, konsentrasi menurun drastis, ditambah adanya perasaan takut yang tidak jelas sebab-sebabnya.
  5. Hal-hal pada poin 4 semakin menjadi-jadi, penderita semakin merasa takut mirip panik. Tahap terakhir muncul gejala sesak nafas, badan gemeteran, keringat berlebihan dan mudah kehilangan tenaga. Dan ini menyebabkan penderita sering pingsan.

Faktor Pemicu Stres


Dalam hal ini, sangat banyak dan beragam. Mulai dari kebutuhan hidup, tekanan dalam pekerjaan, konflik dengan orang lain, komunikasi suami-istri, persoalan anak-anak hinggan maslah jalanan yang macet dan semrawut. Bagi ibu-ibu rumah tangga, masalah pekerjaan tak ada habisnya dan anak-anak sulit diatur juga bisa menyebabkan stres.

Pengaruh Stres


Jika tidak segera diatasi, stres dapat mengganggu pola interaksi dengan orang lain, termasuk juga anak-anak. Umumnya orang stres mudah tersinggung, marah, dan sulit mengontrol emosi atau menarik diri dari pergaulan.

Semoga artikel Kenali Gejala, Faktor dan Pengaruh Stres ini bermanfaat.
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar