Skip to main content

follow us

Dampak Kurang Sehat Pola Tidur Pagi


Dampak Kurang Sehat Pola Tidur Pagi. Apakah anda sering tidur waktu pagi? Tidur diwaktu pagi setelah shalat shubuh memang sangat menyenangkan bagi sebagian orang, bahkan sampai menjadi kebiasaan. Selain mencontohkan adab tidur yang baik, Rasulullah SAW. Menginformasikan beberapa hal penting terkait dampak negatif tidur di pagi hari setelah shalat shubuh.

Ibnu Qayyim RA, pernah berkomentar mengenai keutamaan waktu di awal hari, serta makruhnya waktu tersebut digunakan untuk tidur : “Tidur antara shalat shubuh dan terbitnya matahari sangat tidak dianjurkan (makruh), karena pagi hari adalah waktu yang sangat berharga"

Uniknya, ternyata hikmah anjuran supaya tidak tidur di pagi hari tak hanya di kumandangkan para ulama salaf, tapi juga para ahli kesehatan modern saat ini. Para ahli kesehatan melakukan penelitian untuk kemudian merumuskan beberapa dampak negatif bagi kesehatan tubuh yang sangat mungkin disebabkan oleh kebiasaan tidur pagi.

Meningkatkan masalah metabolisme


Tidur pagi bisa menyebabkan tubuh tidak bisa berfungsi dengan normal, sehingga akan mempengaruhi peningkatan metabolisme dalam tubuh yang tidak seimbang kemudian dapat menyebabkan berat badan meningkat secara tidak normal. Proses metabolisme yang tidak seimbang akan sangat menganggu normalisasi perkembangan tubuh. Metabolisme berlebih juga mengakibatkan terjangkitnya penyakit diabetes.

Selain itu, dengan meningkatnya metabolisme tubuh karena sering tidur pagi bisa mengaburkan konsentrasi berpikir otak saat ingin mengembangkan ide-ide baru yang sebelumnya sudah dirancang. Hal ini bisa berlangsung terus-menerus selama berjam-jam lamanya, sampai kondisi metabolisme tubuh mulai kembali normal.

Tubuh menjadi lemah dan mudah lelah


Terlalu sering tidur pagi akan membuat otot-otot menjadi kaku, rangka tulang di persendihan terasa nyeri. Hal ini yang kemudian menyebabkan tubuh menjadi lemah dan mudah lelah. Bahkan, ketika berdiri melakukan gerakan-gerakan kecil tubuh terasa cepat lelah. Kondisi tubuh selalu ingin kembali ke tempat tidur, karena ia membutuhkan waktu yang lama untuk mengembalikan sistem organ yang tidak dapat berfungsi normal.

Kepala terasa berat dan pusing


Selain tubuh terasa lemah dan mudah lelah, tidur pagi juga bisa membuat kepala terasa berat dan sering pusing. Biasanya karena tidak normalnya peredaran darah dan fungsi jantung yang semakin menurun, sehingga daya pompa darah ke seluruh organ tubuh bahkan sampai ke otak minim.

Kehilangan banyak waktu produktif


Para ahli menganggap pagi hari adalah waktu paling produktif karena saat itu pikiran masih segar. Jika tidur terlalu lama maka akan berakibat hilangnya banyak waktu produktif dalam sehari. Pagi hari merupakan awal yang baik untuk memulai hidup sehat dengan melakukan aktivitas positif , seperti berolahraga atau mengkonsumsi sarapan bergizi. Bukan malah digunakan untuk tidur. Selain itu, sinar matahari di pagi hari yang mengandung Vitamin D tentu sangat baik untuk meningkatkan keremajaan tulang.

Nah, jika anda sering tidur pagi maka awaktu untuk berolahraga, sarapan bergizi, dan menikmati sinar matahari akan terlewatkan begitu saja. Efek yang paling jelas, dengan tidur pagi tubuh akan sedikit bergerak yang akan mengakibatkan kondisi tubuh menjadi tidak sehat. Jadi jika ingin memulai gaya hidup sehat harusnya dilakukan dengan berolahraga mengawali pagi, meski mata masih terasa sangat ngantuk. Jika anda sering begadang, maka tidurlah setelah matahari terbit (waktu shalat dhuha) atau setelah shalat dzuhur.

Semoga bermanfaat artikel Dampak Kurang Sehat Pola Tidur Pagi

Referensi : Buletin sidogiri edisi 108.
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar