Cara Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

Cara Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

Cara Sehat Menjalankan Ibadah Puasa


Cara Sehat Menjalankan Ibadah Puasa. Ibadah puasa merupakan sebuah kewajiban bagi setiap umat islam. Banyak cara dalam melaksanakan ibadah puasa ini, tergantung puasa kita bermadzhab kepada siapa dalam menjalankan ibadah puasa?. Namun, jika dilihat dari sisi kesehatan, di balik ritual ibadah yang dijalankan setiap tahun ini, ternyata juga tersimpan banyak manfaat dengan berpuasa. Tentu saja jika ibadah ini dijalankan dengan aturan yang benar dan tidak asal-asalan.

Bagaimana memadukan antara ibadah dan mendapatkan manfaat abagi kesehatan kita, berikut 6 tips menjalankan puasa sehat :

1. Jangan Tinggalkan Sahur


Kenapa sahur begitu penting bagi kita yang menjalankan puasa? Saat menjalankan puasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama 14 jam. Untuk itu, supaya tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup. Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi. Dalam sebuah Hadits disebutkan, bahwa Rasulallah SAW bersabda, “Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah”.

Namun, hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Sebab, banyak mengkonsumsi makanan manis di saat sahur akan membuat Anda cepat lapar di siang hari. Konsumsi makanan sehat sesuai syariat. Dan Jika ingin membuat energi dari sahur tahan lama, bersahurlah lebih akhir saat mendekati waktu imsak.

2. Jangan Tunda berbuka


Setelah seharian menahan lapar dan dahaga tentunya energy kita terkuras. Untuk memulihkan energi kembali, saat berbuka makanlah karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis sesuai dengan anjuran Rasulallah SAW. makanan yang mengandung gula mengembalikan secara instan energi kita yang terkuras seharian. Tetapi, usahakan menghinadri minuman es atau yang bersoda, karena jenis minuman ini dapat membuat pencernaan tak berfungsi secara normal.

3. Makanlah Secara Bertahap


Biasanya bagitu mendengar bedug Maghrib, tanpa menunggu lagi kita langsung menyantap habis hidangan yang disediakan di atas meja. Ini bukanlah pola yang bagus untuk kesehatan, setelah seharian perut kita tak terisi dan organ pencernaan beristirahat, sebaiknya tidak langsung menyantap hidangan dalam jumlah besar. Saat tiba waktu berbuka, konsumsilah makanan manis, seperti kolak, atau minuman the hangat, kemudian istirahatkan sesaat.

Anda bisa menggunakan jeda itu untuk menjalankan shalat Maghrib sambil memberi waktu organ cerna menyesuaikan diri. Baru setelah shalat Anda dapat melanjutkan kembali megkonsumsi makanan yang lebih berat seperti nasi dan lauk-pauknya. Dan setelah Tarawih dilanjutkan lagi dengan sesi makan kecil atau camilan.

4. Jangan Tinggalkan Olahraga


Pentingnya olahraga Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk urusan ini, pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka. Tarawih, selain merupakan ritual ibadah, juga sebagai sarana menjaga kebugaran  jasmani, akrena saat melakukan shalat Tarawih sama dengan membakar kalori.

5. Konsumsi Cukup Air


Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh. Lebih dari 70% tubuh kita terdiri dari air. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, setiap organ tubuh kita membutuhkan air. Tanpa air yang cukup, tubuh akan mengalami gangguan.  Untuk itu perbanyak minuman air untk simpanan dalam tubuh supaya semua organ berfungsi dengan baik. Yang disebut air di sini bukan hanya berupa air putih, tapi susu dan teh pun juga termasuk di dalamnya. Supaya kebutuhan tubuh tercukupi, aturlah agar pola minum Anda dengan minum delapan gelas air sebelum menjalani puasa esok hari.

6. Kendalikan Emosi


Rasulallah SAW menerangkan bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menahan nafsu. Dengan kata lain tujuan puasa adalah me-manage emosi, belajar bersabar, dan berupaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Secara psikologis ini mempengaruhi mental spiritual kita. Dengan mengendalikan emosi, dapat membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat, dan merasakan kedekatan dengan Allah SWT membuat hati kita damai.

http://forum.kompas.com