Cara Mencegah Penyakit dan Serangan Jantung

Cara Mencegah Penyakit dan Serangan Jantung

Cara Mencegah Penyakit dan Serangan Jantung


Cara Mencegah Penyakit dan Serangan Jantung. Jantung adalah satu otot tunggal yang terdiri dari lapisan endothelium. Jantung terletak dalam rongga dada agak ke kiri, diantara paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Massanya kurang lebih 300 gram, besarnya sebesar kepalan tangan. Di dalam jantung terdapat selaput ganda yang bernama pericardium, yang tertempel pada diafragma. Lapisan pertama menempel sangat erat pada jantung, sedangkan lapisan luarnya lebih longgar dan berair, untuk menghindari gesekan antar organ dalam tubuh yang terjadi karena gerakan memompa konstan jantung.

Jantung dijaga di tempatnya oleh pembuluh-pembuluh darah yang meliputi daerah jantung yang datar, seperti di dasar dan disamping. Dua garis pembelah (terbentuk dari otot) pada lapisan luar jantung menunjukkan di mana dinding pemisah di antara serambi dan bilik jantung. Jantung berfungsi untuk memompa darah yang mengandung berbagai zat yang dibutuhkan oleh sel diseluruh tubuh.

a. Jantung Sehat


Kita perlu mengukur denyut nadi di waktu seseorang dalam kondisi istirahat, santai, dan tidak melakukan aktivitas fisik, untuk mengetahui apakah denyut nadi orang tersebut berada dalam kisaran normal.

Misal, pada denyut nadi rata-rata untuk orang dewasa antara 60-100 permenit. Namun jika di atas 90 per menit maka tergolong cukup tinggi dan harus mendapat perhatian khusus.

Bila dalam keadaan normal (pada orang dewasa) jantung berdetak sebanylak 60-100 kali permenit, dan dalam sekali detak mempompa kurang lebih 70 ml darah. Rata-rata detak jantung pada orang sehat 70 kali permenit, sehingga dalam satu menit jantung memompa darah sekitar 4.900 ml (4,9 liter) darah. Jika dihitung jumlah darah yang dipompa jantung perjam adalah 249.000 ml atau 249 liter darah, maka jumlah darah yangdipompa jantung dalam sehari adalah sebanyak 7.056.000 ml atau 7.056 liter darah. Subhanallah!

b. Masalah pada Jantung


Jantung merupakan salah satu organ terpenting tubuh, kelainan pada jantung dapat beresiko kematian. Masalah pada jantung dibagi karena kegagalan organ jantung seringkali hamper menjadi dua bagian, yaitu penyakit jantung dan serangan jantung.

Cara yang baik untuk mencegah penyakit dan serangan jantung :


  1. Pola hidup sehat. Diantaranya bangun lebih pagi, olahraga yang teratur dan tidak berlebihan, tidak sering tidur terlalu larut malam, menghindari rokok dan minuman beralkohol
  2. Pola makanan yang sehat. Seperti memperbanyak makanan-makanan berserat dan bersayur, tidak terlalu banyak megkonsumsi makanan yang berlemak dan berkolestrol tinggi.
  3. Konsumsi makanan sehat bagi jantung. Konsumsi makanan-makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung seperti Salmon, Tomat, Minyak Zaitun, Gandum, Almond, Habatussauda, Apel
  4. Konsumsi vitamin C. penemuan yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology mengungkapkan konsumsi suplemen Vitamin C dapat mengurangi resiko penyakit jantung
  5. Kurangi konsumsi garam. Pada percobaan diet rendah garam menunjukkan risiko penyakit jantung hingga 25% dan risiko serangan jantung hingga 20%.

Demikian Cara Mencegah Penyakit dan Serangan Jantung, semoga bermanfaat.