Cara Alami Mengobati Sesak Nafas

Cara Alami Mengobati Sesak Nafas

Cara Alami Mengobati Sesak Nafas


Cara Alami Mengobati Sesak Nafas. Sesak nafas adalah perasaan sulit bernapas yang terjadi ketika melakukan aktivitas fisik. Sesak napas merupakan gejala dari suatu penyakit serius yang tidak boleh diremehkan karena dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu harus dicari penyebab awal dan segera diatasi.

Sesak napas dapat digolongkan menjadi dua macam berdasarkan penyebabnya, yaitu:

1. Organik (adanya kelainan pada organ tubuh);
Sesak napas organik tidak hanya disebabkan oleh kalainan organ perapasan, tetapi juga bisa disebabkan penyakit pada organ seperti jantung dan ginjal. Selain karena kelainan metabolisme pada kelainan seperti diabetes dan lainnya dapat menimbulkan sesak napas.

2. Non organik (berupa gangguan psikis yang tidak disertai kelainan fisik);
Penyebabnya bermacam-macam. Di antaranya adalah faktor lingkungan. Udara dingin dan lembab dapat menyebabkan sesak nafas. Bekerja di lingkungan berdebu atau berasap dapat memicu sesak nafas berkepanjangan. Polusi pada saluran hidung disebabkan pula oleh rokok yang dengan langsung dapat mengurangi suplai oksigen.

Emosi yang tidak stabil juga dapat menyebabkan sesak nafas. Orang-orang yang gelisah, depresi, ketakutan, rendah diri cenderung untuk sering Menahan nafas, atau justru menarik nafas terlalu sering sehingga terengah-engah. Dalam waktu yang lama, kebiasaan ini berpengaruh terhadap produksi kelenjar adrenal dan hormone, yang berkaitan langsung dengan sistem pertahanan tubuh.

Penyakit ini ditandai dengan peningkatan jumlah frekuensi napas, kebiruan pada sekitar bibir dan /atau ujunng jari-jari, dan adanya suara napas tembahan seperti ngorok, serak, atau mengi.

Sesak napas bisa diatasi dengan cara alami berikut:


  1. Mengelola dengan berfikir positif, antaranya dengan berfikir positif, menghilangkan rasa takut yang tidak beralasan, dan sering tersenyum akan sangat membantu. Mengelola emosi utamanya dari tekanan psikologis sangat penting untuk menyembuhkan masalah pernafasan. Namun demikian, cara mengelola emosi yang tepat hanya diketahui oleh pribadi masing-masing.
  2. Berjalan kaki dipagi dilingkungan hijau sambil menghirup udara dalam-dalam. Udara pagi sangat baik dan segar untuk pernapasan.
  3. Makan sup yang dibumbui bawang merah, bawang putih, lada, kayu manis, jahe dan cengkeh dianjurkan bagi penderita sesak nafas yang diiringi flu atau demam. Bumbu tersebut dapat membantu membuka sumbatan pada saluran nafas.
  4. Minum jinten hitam yang sudah ditumbuk halus dan dicampur dengan halus dan dicampur dengan madu lebih dan air hangat. Lebih baik bila diminum selagi hangat.
  5. Menggunakan jus manggis bermanfaat untuk mengatasi sesak nafas karena bakteri.

Di samping itu, pengidap sesak nafas harus menghindari mengkonsumsi makanan yang asam, minuman dingin, banyak tidur siang, minum susu, tempat yang berdebu, makan terlalu banyak, dan bulu-bulu binatang yang gampang rontok seperti kucing.
Selamat mencoba