Skip to main content

follow us

Anda Sakit Gigi? Ini Dia Cara Alami Mengobatinya


Cara Alami Mengobati Sakit Gigi. Sakit gigi merupakan gangguan kesehatan yang umum terjadi dan seringkali muncul tanpa gejala sebelumnya. Rasa sakitnya bervariasi mulai dari tajam, berdenyut, hingga konstan. Rasa sakit yang ditimbulkannya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi nyeri dan sakit. Di antaranya adalah karena gigi yang berlubang, mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis, terlalu asam atau terlalu dingin.

Sakit gigi harus segera ditangani.jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, kerusakan gigi akan bertambah parah sehingga harus dicabut. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Anda segera melakukan penanganan sendiri dulu dengan memakai obat-obatan tradisional, sebelum ke dokter. Berikut beberapa pengobatan tradisional dan alami yang bisa Anda coba di rumah:

1. Bawang Putih


Bawang putih merupakan salah satu dari sekian obat tradisional untuk sakit gigi yang diklaim efektif meredakan rasa sakit. Caranya, haluskan satu suing bawang putih dan dicampurkan denan sedikit garam kasar, kemudian tempatkan di area yang sakit. Cara ini dipercaya bisa meredakan dan bahkan menyembuhkan rasa sakit. Selain itu, ada baiknya mengenyah satu siaung bawang putih setiap pagi. Cara ini bisa menjaga agar gigi yang telah disembuhkan semakin kuat dan sehat.

2. Bawang Merah


Penellitian membuktikan bahwa merah mengandung komponen antibakteri. Mengonsumsi satu bawang merah setiap hari dengan cara mengunyah terbukti bisa melindungi dari berbagai gangguan gigi. Mengunyah bawang merah selama 3 menit dinyatakan cukup untuk membunuh semua kuman di mulut. Dan Anda bisa meredakan gigi yang sedang sakit dengan cara menempatkan sepotong kecil bawang merah di area gigi atau gusi yang sakit.

3. Jeruk Limau


Jeruk limau, sebagai sumber yang kaya vitamin C, sangat bermanfaat dalam mempertahankan kesehatan gigi dan tulang di bagian tubuh lainnya. Jeruk limau dipercaya bisa mencegah gigi berlubang dan gigi tanggal, pembentukan plak gigi, sakit gigi, dan pendarahan pada gusi.

4. Minyak Cengkeh


Cengkeh memiliki kandungan antiseptic yang dapat mengurangi infeksi dan efeksi meredakan sakit gigi. Caranya, oleskan minyak cengkeh ke lubang gigi yang mengalami kerusakan.

5. Tepung Lada


Campuran sediki tepung lada dan 1/4sendok the garam dinyatakan sangat bagus untuk menjaga kebersihan gigi. Jika digunakan secara teratursetiap hari bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Selain itu juga bisa mengatasi masalah gigi sensitive. Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang gigi.

6. Cabai Hijau


Cabai hijau secukupnya dipotong ujungnya sedikit kemudian dibakar. Setelah panas, cabai ditempelkan pada bagian gigi yang sakit. Pemakaian; 2 kali sehari secara teratur.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya lubang pada gigi, Anda dapat melakukan langkah-langkah preventif, di antaranya adalah bersiwak, menyikat gigi secara teratur dan pada waktu yang tepat, berkumur setelah makan, mengeluarkan sisa makanan, mengkonsumsi makanan yang berserat, dan mengurangi makanan yang terlalu manis dan asam.

Alhasil, beberapa macam obat tradisional di atas dapat Anda pilih sendiri sesuai keinginan dan selera Anda. Anda punya banyak pilihan pengobatan yang bisa dicoba keampuhannya. Jadi, Jika sewaktu-waktu Anda terserang sakit gigi Anda dapat dengan segera melakukan penanganan sendiri, sebelum Anda memeriksakannya ke dokter gigi.

Semoga Cara Alami Mengobati Sakit Gigi ini bermanfaat.
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar