Skip to main content

follow us

10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat


10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat. Bagi anda yang memiliki kekurangan dalam daya pikir dan daya ingat sebaiknya mencoba membeli makanan-makanan yang dijuluki “Brain Food” ini.

Makanan-makanan ini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir. Sebagaimana diberitakan di Lintasberita.com

1. Salmon


Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3-DHA dan EPA-yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperolah asupan asam lemak lebih banyak, memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut para ahli, walaupun ikan tuna mengandung asam omega 3, namun ikan ini tidaklah sekaya salmon.

2. Telur


Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relative murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata kaya akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

3. Selai Kacang


Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membrane-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energy.

4. Gandum Murni


Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Oat/Oatmeal


Oat merupakan salah satu jenis sereal paling popular di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energy atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak untuk mengawali aktivitasnya di pagi hari. Oat yang kayak an kandungan serat, akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjangan pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

6. Berry


Strawberry, cherry, blueberry dan blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutrisi yang di kandungnya. Berry mengnadung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfungsi mencegah kanker. Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry mengalami perbaikan dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berry ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega 3.

7. Kacang-Kacangan


Kacang adalah makanan special, sebab makanan ini memiliki energy yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mareka dapat mempertahankan energy dan kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang. Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak dari pada jenis kacang lainnya-khususnya ALA- jenis asala omega 3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.

8. Sayuran Berwarna


Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, dan bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel-otak kuat dan sehat.

9. Susu dan Yogurt


Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan emzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vtamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

10. Daging Sapi Tanpa Lemak


Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari, maka tubuh anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi darai sumber lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat. Khusus bagi yang vegetarian, anda dapat memanfaatkan kacang hitam dan burger kedelai sebagai pilihan. Kacang-kacangan adalah sumber penting zat besi nonheme, tipe zat besi yang membutuhkanvitamin C untuk di serap oleh tubuh.

Mengkonsumsi tomat, jus jeruk, strawberry, dan kacang-kacangan juga dapat dipilih sebagai upaya mencukupi kebutuhan zat besi. Selain makanan, agar cerdas ya jelas kita harus banyak olahraga agar stamina kita tetap terjaga, juga dibutuhkan istirahat yang cukup.

Demikian 10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat semoga bermanfaat...
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar