Kesehatan yang Baik Didapat Dari Gizi yang Baik

Kesehatan yang Baik Didapat Dari Gizi yang Baik

Kesehatan yang Baik Didapat Dari Gizi yang Baik


Semua orang pastinya ingin memiliki tubuh sehat, maka haruslah menjaga pola hidup sehat agar tubuh tetap sehat terjaga. Baik itu mengkonsumsi makanan bergizi di imbangi dengan berolahraga.

Karena itulah makanan yang sehat harus mencukupi beberapa unsur gizi utama yang sangat dibutuhkan tubuh. Baik itu mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Untuk lebih jelasnya simak berikut ini:

  1. Kandungan protein, ini kita dapatkan dari sumber-sumber hewani seperti daging, ikan, susu, telor, atau dari sumber tumbuh-tumbuhan seperti kacang-kacangan.
  2. Kandungan karbohidrat ini kita dapati dari beras, kentang, gandum, dan jagung.
  3. Kandungan lemak, ini berasal dari keju, susu yang mengandung lemak sempurna, biji-bijian yang mengandung kadar lemak yang tinggi seperti wijen, kacang tanah dan lain-lain.
  4. Vitamin dan mineral, banyak didapati pada buah-buahan, sayur mayor, baik itu masih segar ataupun sudah dimasak.

Kebutuhan tubuh kita, pada zat-zat tersebut diatas akan berbeda sesuai dengan masa pertumbuhan masing-masing orang. Maka, orang yang berada di usia remaja lebih banyak membutuhkan zat-zat tersebut dibandingkan dengan orang dewasa, kakek-kakek ataupun para anak yang baru akil baligh.

Remaja pada usia pubertas sangat membutuhkan gizi dan makanan yang cukup guna kebutuhan pertumbuhan sel-sel tubuh, tulang, serta untuk energy dan aktivitas mereka.
Harus kami ingatkan, bahwa nilai suatu makan itu bukkan karena harganya yang mahal, tetapi berdasarkan pada apa yang kita butuhkan.

Secara umum makanan sehari-hari harus memenuhi unsur berikut:

  1. Unsur untuk pembentukan otot dan jaringan tubuh, maksudnya adalah makan yang kita makan harus mengandunng protein.
  2. Makanan yang dapat menghasilkan energi dan panas yaitu sukrosa (gula), laktosa (tepung), dan glukosa.
  3. Makanan untuk pembentukan tulang dan gigi, khususnya terdapat makanan yang mengandung kalsium seperti susu, keju dan turunannya.
  4. Makanan yang dapat menjaga vitalitas dan mencegah tubuh dari serangan penyakit, yaitu vitamin dan berbagai macam garam mineral.

Demikian artikel Kesehatan yang Baik Didapat Dari Gizi yang Baik

Referensi :
Syaikh Adil Fahmi, Asrar an Nisa' Min al-Alif Ila Al-Ha' | Dar Al-Ghad Al-Jadid, Manshurah, Mesir 2005
Rahasia Wanita Dari A Sampai Z (edisi indonesia) | Pustaka Al-Kautsar