Skip to main content

follow us

Kenali Tuberkulosis dan Cara Penanganannya


Kenali Tuberkulosis dan Cara Penanganannya. Paru-paru adalah salah satu organ tubuh yang vital bagi kehidupan manusia. Sebagai organ yang berfungsi pada sistem pernapasan manusia, paru-paru menjadi tempat pertukaran oksigen yang dibutuhkan manusia dan mengeluarkan karbondioksida yang merupakan hasil sisa proses pernapasan yang harus dikeluarkan dari tubuh, sehingga kebutuhan tubuh akan oksigen tetap terpenuhi.

Oleh karenanya, organ yang terletak di bawah tulang rusuk ini memang harus dipastikan tetap dalam keadaan baik. Mengingat tugasnya yang berat dan semakin tercemarnya udara, paru-paru rentan terserang berbagai penyakit.

Ada beberapa jenis penyakit paru-paru. Namun yang paling sering diderita adalah penyakit Tuberkulosis. Penyakit ini dalam dunia medis dikenal dengan istilah TB. Sejak tahun 1980-an, jumlah penderita penyakit ini semakin banyak dan terus meningkat.

Penyebabnya adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis. Mikroba TB terdapat di sebagian besar tubuh mausia. Hanya saja, mikrobaini tidak semuanya menyebabkan penyakit biasanya jika imunitas atau kekebalan tubuh orang itu menurun.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan batuk berdahak lebih dari tiga minggu. Kadang juga disertai batuk yang mengeluarkan darah. Penderita akan mengalami demam, khususnya pada siang atau sore , berkeringat pada malam hari, dan hafsu makannya menurunkan sehingga mengakibatkan badan menjadi kurus.

Penyakit ini, bila tidak segera ditangani dapat membunuh seseorang dan bisa menular kepada orang lain melalui percikan ludah saat penderita batuk. Karena itu, bila ada teman , tetangga atau anggota keluarga yang mengalami gejala tersebut, ada baiknya segera disarankan untuk memeriksakan ke dokter untuk mengetahui apakah batuknya merupakan penyakit TB atau tidak.

Bila sudah diketahui sejak dini, penyakit ini mudah untuk disembuhkan. Biaya pengobatannya sebenarnya tidak mahal karena sudah ada obat yang disediakan pemerintah. Bila diperlukan, penderita TB dapat juga dikarantina di tempat khusus agar tidak menularkan penyakitnya.

Penderita Tuberkulosis harus meminum obat antibiotic secara teratur selama 6 sampai 9 bulan. Tidak menghabiskan obat dapat menyebabkan tidak mampu lagi melawan kuman karena kuman menjadi kebal.

Penyakit paru-paru sangat memerlukan pengobatan yang berkesinambungan. Oleh karena itu penderita penyakit ini harus sabar dan tekun mengobatinya. Sebab bila tidak sabar bisa-bisa penyakit ini merenggut jiwa. Apabila anggota keluarga ada yang menderita demikian maka disarankan mencari tumbuhan yang biasa tumbuh di lading yang buahnya diselubungi angkup berwarna hijau, atau yang disebut Ciplukan.

Caranya; Ambillah akar, batang dan daun Ciplukan cuci bersih lalu rebus tumbuhan itu sampai mendidik. Setelah didinginkan, minumlah pada penderita 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. Ulangi terus pengobatan itu selama 6 bulan berturut-turut. Dengan kesabaran dan ketekunan mudah-mudahan penyakit Paru tersebut akan lenyap dan penderita bisa hidup sehat.
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar