Skip to main content

follow us

Keajaiban Tubuh dan Sel Saraf Otak Manusia


Keajaiban Tubuh dan Sel Saraf Otak Manusia. Hari sudah menjelang sore enaknya bersantai ria di depan rumah sambil melihat dan menemani dua anak saya bermain, tak disangka mendapatkan ide untuk membuat artikel blog tentang keajaiban penciptaan tubuh manusia. Saya coba browsing sana sini belum dapet apa-apa, kebanyakan membahas tentang keajaiban alam di dunia.

Padahal tubuh kita ini lebih canggih dari apapun yang ada di dunia ini. Kenapa begitu...? Tubuh kita merupakan pemberian yang tak ternilai harganya yang harus kita syukuri dan dipergunakan sebaik-baiknya. Sebagian para ahli yang meneliti organ tubuh kita menilai bahwa tubuh kita merupakan hal yang begitu menakjubkan, diantaranya :

  1. Denyut aliran Impuls saraf dari saraf organ badan menuju ke saraf di dalam otak memiliki kecepatan sampai 400km/jam
  2. Rambut manusia setiap hari hilang sekitar 45-60 helai rambut, tapi karena manusia memiliki 125.000 helai rambut baru setiap hari manusia tidak menyadari hal tersebut.
  3. Dalam keadaan berbaring, manusia akan menghirup udara sekitar 8 quart per menit (1 quart=0,9463 liter). Dan saat berlari akan menghirup udara 50 quart. Betapa banyak udara/oksigen yang kita hirup setiap hari dengan gratis.
  4. Sel darah merah dalam tubuh kita masa hidup 4 bulan menempur perjalanan kurang lebih 1.600 kilometer di dalam tubuh kita selama masa hidupnya
  5. Setiap inci persegi tubuh manusia dihuni 32 juta bakteri, sehingga bakteri yang ada dalam tubuh manusia sekitar 100 milyar bakteri
  6. Otak manusia memiliki 100 milyar sel saraf, yang mempunyai kemampuan merekam lebih dari 86 juta bite (lebih kurang 11juta huruf) / perhari atau jika dikalkulasikan memori manusia selama hidupnya mencapai 100 triliun bite (sekitar 12,5 triliun huruf).
  7. Setiap detik otak memproses kira-kira 100.000 reaksi kimia yang berlainan.
  8. Rangkaian saraf otak manusia yang sekarang masih sebagian dipetakan oleh ahli saraf, mempunyai daya kompleks 1400 kali lebih kompleks jika dibandingkan dengan rangkaian telepon saat ini.

Subhanallah, ini masih sebagian saja dari sekian banyak kecanggihan dan keunikan penciptaan tubuh manusia, lalu bagaimana dengan isi otak manusia? karena otak adalah hard disc yang mempunyai peran sangat penting untuk mengolah dan menjalankan semua proses organ tubuh manusia, dan hati sebagai procesor yang memberi perintah kepada hard disc.

Lalu bagaimana otak manusia bisa berkembang?

Tim Ilmuwan dari Duke University Medical School di Durham, Carolina Utara, berhasil menemukan gen khusus yang berfungsi merangsang pertumbuhan otak manusia. Gen yang disebut HARE5. Aktivitas gen unik ini mengakibatkan dampak yang berbeda pada otak manusia. Dengan menggunakan embrio tikus, para peneliti menyisipkan gen HARE5 ini untuk melihat perkembangan otak pada fase awal. Hasilnya, mereka menemukan embrio tikus yang disisipi gen HARE5 dari manusia mengalami pertumbuhan otak hingga 12 persen lebih besar.

"Temuan ini benar-benar menarik hal lain sebagai awal untuk lebih memahami keunikan otak manusia," kata Debra Silver, pemimpin studi sekaligus asisten profesor genetika molekuler dan mikrobiologi di Duke University Medical School, seperti dikutip Esciencenews.com, Senin, 23 Februari 2015.

Salah satu organ tubuh yang membedakan manusia dengan makhluk yang lainnya adalah otak. Otak manusia memiliki keajaiban dan keunikan tersendiri. Semua pekerjaan yang dikerjakan orang tersebut. Jika mengambil istilah komputer perbuatan manusia itu terserver di otaknya. Sedangkan gerak anggota tubuh manusia adalah client yang digerakan melalui otak manusia. Tak heran bila dikatakan bahwa otak manusia sangat mempengaruhi apa yang dilakukannya.

Para ahli menyimpulkan dari hasil riset nya bahwa otak manusia merupakan satu organ yang paling menakjubkan yang ada pada tubuh manusia. Hal itu disebabkan karena otak manusia dapat mengendalikan sistem saraf pusat agar bisa bekerja secara normal, bahkan dalam keadaan kepala di penggal pun, otak manusia tetap aktif selama beberapa detik.

Dr Harold Hillman, mantan direktur Unity Laboratory of Applied Neural Biology di University of Surrey menuturkan bahwa kematian terjadi karena adanya pemisahan antara otak dengan sumsum tulang belakang, tapi hal ini bersifat menyakitkan sehingga banyak negara yang tidak memberlakukan metode ini.

Otak dapat mempelajari pesan yang berasal dari alam bawah sadar (tidur) seseorang sehingga nantinya akan mempengaruhi perilaku dari orang tersebut. Sehingga anda terutama yang mempunyai anak kecil, jangan sampai melakukan hal yang tidak pantas diperlihatkan kepada anak walaupun mereka sedang tidur. Karena hanya tubuhnya yang tidur, akan tetapi otaknya masih aktif.

Demikian keajaiban saraf, otak yang ada di dalam tubuh manusia yang telah ditemukan oleh para ahli. Semoga kita bisa menjaga tubuh dan otak kita agar bekerja maksimal seperti yang diharapkan Sang Pencipta.
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar