Skip to main content

follow us

Hati-Hati, Tidak Semua Jamur Dapat Dikonsumsi


Kali ini saya akan share ciri-ciri jamur beracun. Tidak semua jamur dapat dikonsumsi karena ada juga jamur yang beracun, Jamur liar di alam bebas jangan langsung dikonsumsi, apalagi kita tidak bisa membedakan tanda jamur beracun dengan jamur liar yang bisa dikonsumsi. Berbagai jenis jamur juga memiliki rasa yang tidak enak, walaupun tidak beracun dan dapat dimakan.

Memang menarik untuk diperhatikan  bahwa spesies cendawan tertentu dapat menimbulkan mabuk pada beberapa orang, yang biasanya tanpa akibat yang serius. Sedangkan jika dimakan orang lain tidak menimbulkan sakit apapun. Dalam kasus tersebut mungkin alergi makanan terlibat disini.

Beberapa jenis jamur juga dapat menimbulkan efek halusinasi bagi orang yang memakannya. Salah satu spesies yang dikenal beracun adalah Amanita muscaria.Jamur ini sangat menarik tampilannya dengan struktur tudung berwarna merah orange cemerlang dengan bintik-bintik putih. Seperti kebanyakan spesies yang termasuk Amanita, jamur ini mempunyai suatu tudung di sekeliling batangnya tepat di bawah tutupnya, pangkal tangkainya membesar mirip umbi.

Terkait :
Jenis jamur yang bisa dikonsumsi
Jamur teh berkhasiat untuk berbagai penyakit

Jamur yang paling mematikan adalah Amanita phalloides, yang warnanya bervariasi dari putih sampai keabu-abuan. Jamur ini mempunyai tudung juga seperti piala yang menarik pada pangkal tangkainya. Jamur ini juga merupakan penyebab paling banyak terjadi keracunan serius di Amerika Utara.

Ciri-Ciri Jamur Beracun


Ciri utama jamur beracun yang mudah dilihat adalah tampulannya yang mencolok atau cerah seperti merah, biru, dan orange. Selain itu jamur beracun biasanya memiliki bau yang tidak sedap dan mengeluarkan getah putih. Jika di raba, jamur beracun mudah hancur. Jamur beracun banyak memiliki bentuk cawan atau mangkok didasar batangnya.

Jamur beracun biasanya tumbuh di kotoran hewan.Kita juga dapat menguji apakah jamur itu beracun atau tidak. Caranya dengan memasukkan jamur tersebut ke dalam nasi. Jika nasi berubah menjadi kuning, berarti jamur tersebut beracun. Jamur beracun juga dapat tumbuh di makanan, sendok logam akan menjadi hitam jika dimasukkan ke dalam masakan yang mengandung unsur jamur beracun.
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar