11 Langkah Mudah Merawat dan Memelihara Mata

11 Langkah Mudah Merawat dan Memelihara Mata


11 Langkah Mudah Merawat dan Memelihara Mata. Diantara organ tubuh kita yang sangat berharga adalah mata. Tentu semua orang ingin memiliki mata sehat, jernih dan tidak rabun. Namun tidak semua bisa tercapai, tergantung dari usahanya masing-masing. Dengan mata yang sehat kita dapat melihat keindahan alam yang telah diciptakan oleh Allah SWT, kemudian muncullah rasa syukur dari kita. Supaya mata tetap sehat, maka kita harus menjaga dan merawat kesehatan mata agar terhindar dari berbagai penyakit mata. Bagaimana, anda ingin mata anda sehat? lalu bagaimana cara merawat dan memelihara mata dengan baik? Simak 11 cara mudah merawat dan memelihara mata.

Banyak sekali penyakit mata yang mungkin tidak asing di telinga kita seperti miopi (rabun jauh), presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang berjarak jauh maupun dekat, katarak, hipermetropi atau rabun dekat, maupun buta warna yang tidak dapat membedakan aneka warna. Miopi banyak menimpa kalangan pelajar dan mereka yang sangat hobi dalam membaca buku. Penyebabnya cukup beragam. Untuk menghindari penyakit pada mata perhatikan hal-hal berikut:

1. Jarak Membaca


Usahakan ketika membaca buku berada pada jarak yang ideal. Jarak idela yang dimaksud adalah membaca buku pada jarak 30 cm dari buku ke mata Anda.

2. Posisi Membaca


Posisi yang baik pada saat membaca buku atau teks apapun itu berada pada 60 derajat dari posisi horizontal dan posisi mata pada saat membaca lurus kebawah (bukan lurus kedepan). Jangan membaca dengan posisi tidur terlentang, karena kondisi tidur terlentang beresiko membuat mata menjadi minus atau silinder.

3. Jarak Pandang


Jarak yang bisa dikatakan aman untuk menonton televisi ialah 2 meter untuk ukuran 14inchi dan 3 meter untuk ukuran yang lebih besar lagi. Sebaiknya, gunakan televisi berukuran kecil agar tidak terlalu menimbulkan efek terhadap kesehatan mata Anda.

4. Cahaya Penerang yang Baik


Lampu penerang yang digunakan sebaiknya tidak minim cahayanya atau terlalu redup ketika belajar atau membaca. Karena lampu penerang yang redup dapat mengganggu kesehatan mata Anda.

5. Menghindari Debu dengan Berkacamata


Debu sangat berperan dalam merusak mata. Ketika bepergian ke luar ruangan, misalnya ke jalan raya sebaiknya menggunakan pelindung mata agar debu-debu yang akan masuk mata bisa di minimalisasi.

6. Istirahat Cukup


Usahakan mata Anda memiliki waktu istirahat yang cukup, ketika sudah terlalu di depan layar computer atau laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas apapun didepan computer atau laptop. ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata Anda.

7. Kedipan Mata


Perbanyak intensitas berkedip pada mata Anda, setelah terlalu lama fokus melihat sesuatu. Dalam hal ini, fokus dalam memandang layar monitor ataupun laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas yang berkaitan dengan computer atau laptop.

8. Kurangi Penggunaan tetes Mata


Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh-boleh saja, namun hanya sesekali. jika berlebihan malah akan merusak kesehatan mata Anda.

9. Menjaga Kebersihan Tangan


Hindari mengucek mata, ketika tangan Anda dalam keadaan kotor atau habis memegang suatu benda. Karena tangan Anda yang kotor dapat menimbulkan infeksi mata yang akan berakibat buruk untuk kesehatan mata Anda.

10. Konsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin A


Usahakan memakan makanan yang banyak mengandung vitamin A, misalnya wortel, alpukat, brokoli yang termasuk sayuran hijau, telur, bayam. Kol, tomat, bawang putih, dan juga ikan salmon. Dalam hal ini, wortel merupakan jenis makanan yang paling baik untuk kesehatan mata Anda, karena dalam wortel banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

11. Melakukan Olahraga


Menurut hasil studi, olahraga memiliki bermanfaat untuk menurunkan ketegangan pada mata sehingga mengurangi resiko glaucoma. Ada banyak ragam olahraga yang bisa Anda lakukan mulai dari jogging, bersepeda, ke gym dan lainnya yang bisa dilakukan secara konsisten.