Skip to main content

follow us

10 Kebiasaan Sehat ala Rasulullah


10 Kebiasaan Sehat ala Rasulullah. Menjaga kesehatan tubuh merupakan keharusan, supaya aktifitas lancar. Berbagai cara alami untuk mendapatkan tubuh sehar bugar, baik itu dengan berolahraga, pengobatan herbal, atau bahkan dengan mengkonsumsi produk yang di produksi secara kimia.

Namun lain halnya dengan Rasulullah SAW. yang juga mempunyai kebiasaan-kebiasaan sehat yang sering beliau lakukan sehari-hari, yang saya kutip dari berbagai referensi kitab-kitab salaf termasuk Hadits Bukhari. Berikut penjelasannya:

1. Bangun Sebelum Subuh
Bangun sebelum subuh mempunyai banyak keutamaan. Di antaranya, berlimpah pahala karena bisa melakukan ibadah shalat yang disunnahkan. Kesegaran udara subuh juga bagus untuk kesehatan. Selain itu subuh merupakan waktu yang tenang untuk memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan.

2. Cepat Tidur Juga Cepat Bangun
Dalam riwayat shahih, Rasulalah SAW tidur lebih awal setiap malam. Jika tidak ada hal penting, maka selepas shalat Isya’ Beliau tidur dan bangun lebih awal pada sepertiga waktu malam terakhir untuk shalat malam. Secara umum waktu selama 24 jam sehari dibagi sepertiga untuk bekerja, sepertiga untuk beribadah dan sepertiga lagi untuk tidur.

3. Berhenti Makan Sebelum Kenyang
Maksudnya berhenti sebelum kenyang ialah tidak makan banyak hingga kekenyangan. Rasullah SAW bersabda, “Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan).” (HR. Muttafaqun’alaih)

4. Selalu Menjaga Kebersihan
Syariat telah banyak menyebutkan tentang anjuran menjaga kebersihan. Di antaranya memotong kuku, mencukur rambut, mandi, menggosok gigi (siwak) dan memakai wewangian yang dilakukan secara teratur.

5. Seleksi Memilih Makanan (Halalan dan Thayyiban)
Tidak diragukan lagi Rasullah SAW adalah orang yang palling berhati-hati dalam memilih makanan. Beliaudan keluarga serta shahabatnya memilih makanan halal, baik itu jenis makanannya maupun cara memperolehnya. Selain halal juga thayyib (baik), tidak semua makanan halal itu baik bagi kesehatan. Misalnya saja sate kambing, memang makanan halal tapi tidak baik bagi orang yang mengalami tekanan darah tinggi.

6. Makan Tidak Terburu-buru
Cara makan Rasulallah SAW tidak terburu-buru sehingga dapat mengunyah makanan dengan sempurna. Sesuai dengan anjuran kesehatan yaitu mengunyah hingga sekitar 32 kali sebelum ditelan. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa makanan yang dikunyah hingga lembut dapat memperingati kinerja alat pencernaan sehingga tetap sehat.

7. Gemar Berjalan Kaki
Rasulallah SAW selalu gemar berjalan kaki untuk menuju masjid, pasar, rumah sahabat bahkan medan jihad. Jalan kaki membuat keringat mengalir, pori-pori terbuka dan peredaran darah lancar. Inilah  pentingnya kenapa berjalan kaki itu menyehatkan, terutama untuk mencegah penyakit jantung.

8. Tidak Pemarah dan Dengki
Pemarah dan dengki, keduanya termasuk penyakit hati. Akan tetapi hal itu juga berpengaruh pada kesehatan. Menjauhi sifat-sifat buruk seperti tiu merupakan pencegahan yang tepatuntuk kesehatan jasmani. Rasulallah SAW mengajarkan beberapa terapi untuk menahan marah sesuai dalam Hadits, yaitu, mengubah posisi ketiak marah; jika berdiri maka duduklah, jika duduk tidak mempan maka berbalinglah. Membaca ta’awudzkarena marah itu dating dari syaitan. Segera berwudhu dan melaksanakan shalat 2 rakaat untuk memenangkan dan menghilangkan kegundahan hati.

9. Optimistis dan Tidak Pernah Putus Asa
Sikap optiis memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi kelapangan jiwa. rasulallahSAW senantiasa bersabar, istikamah, bekerja keras, dan tawakal kepada Allah karena sikap optimis yang tinggi. Jika hal itu tertanam pada diri seseorang maka juga akan berpengaruh pada kesehatan

10. Istikamah Menjalankan Puasa Sunnah
Manfaat pusa untuk kesehatan sudah kita ketahui bersama. Puasa merupakan bentuk pengistirahatan alat pencernaan manusia juga perlu diistirahatkan untuk merevitalisasi kemampuan kerjanya.

Demikan 10  kebiasaan hidup yang sehat ala Rasullah SAW. bukan hanya manfaat kesehatan yang akan didapatkan jika mulai meniru kebiasaan-kebisaan seperti itu, tapi juga InsyaAllah akan berlimpah pahala. Semoga kita bisa meniru segala kebiasaan baik seperti yang dilakukan Rasullah SAW.
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

You Might Also Like:

Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar